Senin 20 Jun 2022 03:31 WIB

Mengenal Titik Balik Matahari, Fenomena Astronomi yang Terjadi 21 Juni

Titik balik matahari Juni menandai hari terpajang di Belahan Bumi Utara.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Matahari Terbit (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Matahari Terbit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 21 Juni terjadi peristiwa astronomi yang disebut titik balik matahari. Untuk tahun ini, titik balik matahari Juni menandai titik paling utara matahari di langit kita.

Dilansir dari EerthSky, peristiwa ini akan terjadi pada hari Selasa, 21 Juni 2022, pukul 9:14 UTC. Matahari akan berada di atas kepala pada siang hari di titik balik matahari ini. Titik balik matahari Juni akan mengantarkan malam terpendek dan hari terpanjang dalam setahun di Belahan Bumi Utara. 

Baca Juga

Ini akan menjadi hari terpendek dan malam terpanjang di belahan bumi selatan. Matahari akan bergerak ke selatan lagi setelah titik balik matahari ini.

Apa definisi dari titik balik matahari?

Rute matahari melalui langit, panjang siang hari, dan lokasi matahari terbit dan terbenam semuanya bervariasi dalam pola yang dapat diprediksi sepanjang tahun. Orang-orang zaman dulu bahkan membuat monumen untuk melacak pergerakan tahunan matahari, seperti Stonehenge di Inggris dan Machu Picchu di Peru.

Titik balik matahari sekarang diakui sebagai peristiwa astronomi yang disebabkan oleh kemiringan sumbu bumi dan gerakan orbitnya mengelilingi matahari.

Bumi tidak mengorbit dalam garis lurus. Sebaliknya, planet kita miring 23 1/2 derajat pada porosnya. Kemiringan ini menyebabkan belahan bumi utara dan selatan bergantian menerima cahaya dan kehangatan matahari sepanjang tahun. 

Di mana harus mencari indikator titik balik matahari Juni?

Matahari adalah sumber utama dari hampir semua cahaya dan kehangatan di permukaan planet ini. Jika tinggal di belahan bumi utara, mungkin telah memperhatikan matahari terbit awal dan matahari terbenam akhir, serta busur tinggi harian matahari di langit. Ini adalah bayangan tengah hari terpendek tahun ini di sekitar waktu titik balik matahari.

Apakah hari pertama musim panas adalah titik balik matahari Juni?

Tanggal 21 Juni kemungkinan adalah tanggal yang paling terkenal untuk awal musim panas di Belahan Bumi Utara dan awal musim dingin di Belahan Bumi Selatan. Tidak ada yang resmi tentang itu, tetapi itu adalah kebiasaan lama sehingga kita semua mengakuinya seperti itu.

Titik balik matahari adalah momen bagi kita di dunia saat ini untuk mengingat penghormatan dan penghargaan orang-orang kuno terhadap langit. Orang-orang meletakkan batu-batu besar dalam lingkaran di dataran besar di tempat yang sekarang menjadi Inggris sekitar 5.000 tahun yang lalu, menyelaraskannya dengan fajar titik balik matahari bulan Juni.

Pada titik balik matahari musim panas, jika berdiri di Sphinx dan melihat ke arah dua piramida, Anda akan melihat matahari terbenam tepat di antara keduanya.

Mengapa cuaca terpanas tidak dikaitkan dengan hari terpanjang?

Pertanyaan umum yang sering dibicarakan adalah “Jika titik balik matahari Juni membawa hari terpanjang, mengapa kita mengalami cuaca terpanas di akhir Juli dan Agustus?”

Jeda musim adalah nama yang diberikan untuk fenomena ini.Setelah musim dingin yang panjang, Bumi hanya membutuhkan waktu untuk pemanasan. 

Di beberapa daerah, es dan salju masih menutupi tanah di bulan Juni. Matahari harus mencairkan es dan menghangatkan air, sebelum kita dapat merasakan panasnya musim panas.

Sejak awal musim semi, es dan salju mulai mencair. Air lelehan dan presipitasi telah menetes dari puncak gletser melalui salju. Meskipun Belahan Bumi Utara menerima sinar matahari paling langsung saat ini, limpasan gletser tidak setinggi bulan depan.

Jadi, harus menunggu satu bulan lagi untuk cuaca terhangat. Itu akan tiba tepat ketika hari-hari mulai memendek lagi saat Bumi melanjutkan siklusnya mengelilingi matahari, membawa kita lebih dekat ke musim dingin lainnya.

Titik balik matahari Juni 2022 akan terjadi pada 21 Juni pukul 09:14 UTC. Di Amerika Utara, pukul 04:14 pagi CDT pada tanggal 21 Juni. Titik balik matahari ini memperingati titik paling utara matahari di langit, menandakan dimulainya musim panas di Belahan Bumi Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement