Ahad 19 Jun 2022 18:17 WIB

Karyawan Apple Store di Maryland Bentuk Serikat Pekerja 

Towson Town Center menjadi Apple Store pertama di AS yang berserikat.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Dwi Murdaningsih
Apple
Foto: reuters
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND -- Karyawan Apple Store di perusahaan yang berlokasi Towson Town Center di Maryland telah membentuk serikat. Menurut Koalisi Karyawan Ritel Terorganisir, kelompok yang memimpin upaya serikat pekerja, para pekerja memberikan suara “luar biasa” untuk bergabung dengan International Association of Machinists and Aerospace Workers (IAM).

Dengan pemungutan suara bersejarah, Apple Store Towson sekarang berada di jalur yang tepat untuk menjadi lokasi ritel Apple pertama yang berserikat di Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

Towson Town Center menjadi Apple Store pertama di AS yang mengadakan pemilihan serikat pekerja setelah pekerja di lokasi ritel lain di Atlanta menarik petisi mereka untuk mengadakan pemungutan suara serikat pekerja bulan lalu. Sementara Apple belum secara eksplisit menentang pengorganisasian pekerja garis depan, perusahaan telah secara luas dituduh menggunakan taktik penghancur serikat pekerja.

Di Georgia, penyelenggara membatalkan pemungutan suara serikat pekerja di lokasi perusahaan Cumberland Mall atas klaim intimidasi. Menjelang pemungutan suara Ahad (19/6/2022), AppleCore mengatakan pihaknya mengorganisir “cinta yang mendalam dari peran sebagai pekerja di dalam perusahaan dan karena kepedulian terhadap perusahaan itu sendiri.”

Dilansir dari Engadget, Ahad (19/6/2022), Apple menolak berkomentar.

“Saya memuji keberanian yang ditunjukkan oleh anggota CORE di Apple store di Towson untuk mencapai kemenangan bersejarah ini,” kata Presiden Internasional IAM Robert Martinez Jr. dalam sebuah pernyataan setelah pemungutan suara.

“Mereka membuat pengorbanan besar untuk ribuan karyawan Apple di seluruh negeri yang memiliki semua perhatian pada pemilihan ini. Saya meminta CEO Apple Tim Cook untuk menghormati hasil pemilihan dan mempercepat kontrak pertama untuk karyawan Apple IAM CORE yang berdedikasi di Towson. Kemenangan ini menunjukkan meningkatnya permintaan akan serikat pekerja di Apple store  dan berbagai industri di seluruh negara kita,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, pemungutan suara hari ini (19/6/2022) kemungkinan akan meningkatkan upaya serikat pekerja yang sedang berlangsung di dua Apple Store di New York dan Kentucky. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement