Rabu 22 Jun 2022 13:36 WIB

Jangan Simpan Susu dan Telur di Pintu Kulkas, Ini Alasannya

Ketahui cara tepat menyimpan bahan makanan di kulkas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Menyimpan makanan di kulkas (Ilustrasi). Produk susu semestinya tidak disimpan di kompartemen pintu kulkas.
Foto: Wallpaper Flare
Menyimpan makanan di kulkas (Ilustrasi). Produk susu semestinya tidak disimpan di kompartemen pintu kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan biaya hidup yang meningkat, masyarakat didorong mengatur lemari es mereka dengan benar demi menghemat pengeluaran untuk makanan. John Stirzaker dari NetVoucherCodes.co.uk mengatakan, cara Anda menyimpan makanan akan berdampak pada berapa lama mereka bertahan dan berapa banyak energi yang digunakan kulkas.

"Area lemari es yang berbeda memiliki suhu yang berbeda, penting untuk menyimpan makanan kita sesuai dengan itu," ujar Stirzaker, seperti dilansir laman Express, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga

Stirzaker merekomendasikan untuk menyimpan makanan mentah di bagian terdingin. Produk susu sebaiknya diletakkan di tengah dan bumbu di pintu kulkas.

"Saya pikir salah satu kesalahan terbesar yang kita semua lakukan adalah menyimpan susu di pintu kulkas," ungkapnya.

Sepertinya pintu kulkas merupakan tempat yang paling jelas untuk menyimpan susu, namun suhu di sana berubah setiap kali pintu kulkas dibuka-tutup. Berikut adalah tips mengatur lemari es:

1. Pindahkan susu dari pintu

Sebagian besar pengguna kulkas menyimpan susu dan produk susu lainnya di rak pintu. Padahal, ini adalah bagian terhangat dari lemari es.

Suhunya akan terganggu setiap kali Anda membuka dan menutup pintu sehingga bahan makanan seperti keju tidak boleh disimpan di sana. Sebagai gantinya, gunakan pintu untuk menyimpan bumbu dan saus. Simpan produk susu di rak tengah.

2. Simpan telur dengan produk susu

Banyak juga orang yang menyimpan telur di pintu lemari es, terutama karena beberapa kulkas dilengkapi dengan tempat telur built-in. Tetapi, seperti halnya susu, Anda tidak boleh memaparkan telur pada perubahan suhu yang konstan. Simpanlah bersama produk susu di rak tengah kulkas.

3. Simpan daging di tempat yang paling dingin di lemari es

Ikan dan daging harus disimpan di bagian terdingin dari lemari es. Bagian terdingin dari lemari es bervariasi tergantung pada yang Anda miliki, bisa di bagian belakang rak paling bawah atau di rak paling atas. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan termometer.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى جَهَنَّمَ زُمَرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءُوْهَا فُتِحَتْ اَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَآ اَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِّنْكُمْ يَتْلُوْنَ عَلَيْكُمْ اٰيٰتِ رَبِّكُمْ وَيُنْذِرُوْنَكُمْ لِقَاۤءَ يَوْمِكُمْ هٰذَا ۗقَالُوْا بَلٰى وَلٰكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ الْعَذَابِ عَلَى الْكٰفِرِيْنَ
Orang-orang yang kafir digiring ke neraka Jahanam secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (neraka) pintu-pintunya dibukakan dan penjaga-penjaga berkata kepada mereka, “Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul dari kalangan kamu yang membacakan ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan (dengan) harimu ini?” Mereka menjawab, “Benar, ada,” tetapi ketetapan azab pasti berlaku terhadap orang-orang kafir.

(QS. Az-Zumar ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement