Rabu 29 Jun 2022 19:28 WIB

Baku Tembak Antara TNI dan KKB Terjadi di Kiwirok, Satu Prajurit Gugur

Anggota TNI yang dilaporkan gugur adalah Prajurit Dua Beryl Kholif Al Rohman.

Red: Andri Saubani
Baku tembak TNI dan teroris KKB Papua terjadi di Nduga Papua. Kontak tembak (ilustrasi)
Foto: anadolu agancy
Baku tembak TNI dan teroris KKB Papua terjadi di Nduga Papua. Kontak tembak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YAHUKIMO -- Baku tembak dengan antara KKB dengan anggota Batalion Infantri Para Raider 431/SSP, Rabu (29/6/2022) petang di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Satu prajurit TNI dilaporkan gugur dalam baku tembak itu.

"Memang benar ada laporan terkait meninggalnya anggota Batalion Infantri PR 431/SSP, yaitu Prajurit Dua Beryl Kholif Al Rohman, di Kiwirok," kata Komandan Korem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI Jo Sihombing, Rabu malam.

Baca Juga

Kontak senjata antara personel TNI dengan kelompok bersenjata Papua sudah kerap terjadi, di antaranya pada 26 Maret 2022. Saat itu kelompok bersenjata menyerang Pos Marinir Perikanan Quari Bawah, Distrik Kenyam, Nduga, sehingga satu perwira pertama Korps Marinir TNI AL, Letnan Dua Marinir Mohamad Iqbal, gugur.

Adapun sembilan anggotanya yang lain luka berat dan ringan. Menjelang akhir 2021, Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, memberi pernyataan kepada pers bahwa dia akan mengevaluasi berbagai hal tentang aktivitas TNI di banyak wilayah Tanah Air. Ia dilantik menjadi panglima TNI menggantikan Marsekal TNI HadiTjahjanto, pada17 November 2021.

Andika menyatakan, dia ingin TNI memperlakukan Papua Barat sebagaimana provinsi lain di Indonesia. "Saya akan lakukan evaluasi, lakukan perubahan dalam hal bagaimana kita beraktivitas, bukan hanya di Papua, tapi juga di seluruh wilayah NKRI," kata dia, dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Walau begitu, baku tembak antara tentara dengan kelompok bersenjata terjadi juga. Di antaranya di Distrik Sugapa, Intan Jaya, penembakan Kantor Polsek Sugapa, Intan Jaya, serta penembakan di Kabupaten Yahukimo.

 

photo
RUU Daerah Otonomi Baru Papua - (republika/mardiah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement