Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mulai Hari Ini, FIFA Terapkan Aturan Pembatasan Peminjaman Pemain

Jumat 01 Jul 2022 01:20 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

FIFA tetapkan aturan baru peminjaman pemain.

FIFA tetapkan aturan baru peminjaman pemain.

Foto: Antara/Reuters
Setiap klub diizinkan maksimal meminjam tiga pemain dari klub lain.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Induk organisasi sepak bola dunia, FIFA, terus membuat terobosan agar kompetisi semakin sehat. Teranyar, FIFA memberlakukan pembatasan peminjaman pemain.

Aturan tersebut berlaku mulai Jumat (1/7/2022). Tujuannya untuk mencegah penummpukan pemain. Karier pemain yang dipinjamkan pun bisa lebih tertata dengan baik.

Baca Juga

"Menurut Diario AS, setiap klub diizinkan maksimal meminjam tiga pemain dari klub lain. Kemudian sebuah klub hanya boleh meminjamkan total delapan pemain," demikian laporan yang dikutip dari Football Espana.

Pengecualian untuk aturan tersebut adalah untuk pesepak bola berusia 21 tahun. Juga mereka yang memenuhi syarat homegrown alias pemain lokal. 

Aturan baru ini bakal menjadi masalah untuk sejumlah tim. Atalanta misalnya. Musim lalu, klub Italia itu meminjamkan total 65 pemain ke klub lain. Maklum, akademi La Dea menelurkan para pemain jempolan di negeri Spageti.

Berikutnya Real Madrid. Musim lalu, El Real meminjamkan 26 pemain. Kemudian Atletico Madrid mengirimkan 24 pemain ke tempat lain.

Keadaan di atas, tidak terlalu berdampak pada tim utama klub top. Namun klub-klub kecil bakal merasakan efek aturan baru ini. Terutama bagi mereka yang mengandalkan skema peminjaman untuk membangun skuad.

Bisa juga terjadi perubahan rencana bisnis di klub-klub dengan modal besar. Beberapa dengan sengaja bertaruh mendapatkan pemain muda berbakat. Tentunya para raksasa berharap memperoleh keuntungan.

Dengan pembatasan jumlah peminjaman, tim-tim besar bisa cepat membeli para wonderkid dengan harga murah. Jika kualitas sang pemain berkembang, maka nilainya mengalami peningkatan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile