Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Iran Siap Bantu Cegah Turki Serang Suriah

Ahad 03 Jul 2022 11:15 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan Iran bekerja mencari solusi politik untuk mencegah Turki menyerang Suriah utara.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan Iran bekerja mencari solusi politik untuk mencegah Turki menyerang Suriah utara.

Foto: AP/Vahid Salemi
Iran bekerja mencari solusi politik untuk mencegah Turki menyerang Suriah utara.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian melakukan kunjungan ke Damaskus, Suriah. Dia menyatakan pada Sabtu (2/7/2022), Iran bekerja mencari solusi politik untuk mencegah Turki menyerang Suriah utara.

"Kami mengumumkan kesiapan kami untuk menawarkan solusi politik dan kesiapan kami untuk membantu dalam hal ini," kata Amirabdollahian.

Baca Juga

"Kami akan mengerahkan semua upaya kami untuk mencegah operasi militer terjadi," katanya.

Amirabdollahian mengatakan, telah berbicara dengan para pejabat Turki tentang solusi diplomatik. Menteri Luar Negeri Suriah Faisal al-Moqdad mengatakan, pemerintahannya menyambut baik upaya Iran.

Ankara telah bersumpah akan melakukan serangan baru di petak-petak Suriah utara untuk menggulingkan kelompok pimpinan Kurdistan yang didukung oleh Amerika Serikat (AS). Ankara telah melakukan tiga serangan ke Suriah utara sejak 2016 yang digambarkan Damaskus sebagai pelanggaran kedaulatan dan integritas teritorialnya.

Kementerian Luar Negeri Suriah telah memperingatkan Turki agar tidak menyerang lagi. Mereka mengatakan, akan menganggap operasi itu sebagai kejahatan perang.

Iran telah menjadi sekutu setia Suriah selama konflik 11 tahun terakhir. Negara ini menawarkan dukungan militer, politik, dan ekonomi.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile