Senin 04 Jul 2022 09:07 WIB

Pemprov Jabar Lepas Tim Muhibah Angklung yang akan Ikuti 2 Festival Internasional

Keberangkatan tim angklung diharapkan menjadi sarana promosi budaya Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Seorang anak memegang alat musik angklung, (ilustrasi).  Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melepas keberangkatan 36 orang anggota Tim Muhibah Angklung yang akan mengikuti 2 Festival Internasional di Amerika Serikat.
Foto: Abdan Syakura/Republika
Seorang anak memegang alat musik angklung, (ilustrasi). Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melepas keberangkatan 36 orang anggota Tim Muhibah Angklung yang akan mengikuti 2 Festival Internasional di Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melepas keberangkatan 36 orang anggota Tim Muhibah Angklung yang akan mengikuti 2 Festival Internasional di Amerika Serikat.

Acara pelepasan tersebut, dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Pemprov Jawa Barat, Dewi Sartika dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar di halaman Gedung Sate Kota Bandung, Ahad (3/7/2022).

Baca Juga

Pemerintah provinsi Jawa Barat sangat mengapresisasi keberangkatan Tim Muhibah Angklung ke Amerika Serikat yang akan dilakukan selama 32 hari dan mengelilingi 7 kota di Amerika Serikat. “Dengan rasa bangga penuh syukur dan penuh kegembiraan kami sangat menyambut upaya-upaya yang sudah dilakukan Tim Muhibah Angklung ke Amerika yang akan berangkat pada hari ini  selama 32 hari, kemudian akan mengeliling 7 kota di Amerika Serikat dan mereka akan perform," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika.

Dewi mengatakan, ia juga sudah melihat semangat yang luar biasa. Jadi, ia ikut bangga, dan mengucapkan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh peserta, keluarga, dan juga panitia yang telah bisa menghadirkan perform budaya Jawa Barat di dunia internasional.

Kegiatan ini, kata Dewi, diharapkan dapat menjadi sarana promosi budaya Jawa Barat agar lebih dikenal oleh masyarakat Amerika Serikat. Sehingga mereka tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.

“Mudah-mudahan di dalam kegiatan ini memberikan semacam media promosi, juga agar masyarakat Amerika mau berkunjung ke Indonesia khususnya Jawa Barat,”  ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar.

Sementara menurut Ketua Tim Muhibah Angklung, Maulana M Syuhada, tim ini telah melakukan persiapan selama hampir 2,5 tahun dan akhirnya dapat berangkat ke Amerika Serikat pada hari ini untuk melakukan misi budaya kembali setelah tahun 2018 lalu memenangkan Grand Prix di 13th International Youth Festival-Contest of Arts “MUZITE” di Sozopol, Bulgaria.

Tidak hanya berpartisipasi di dua festival internasional, Tim Muhibah Angklung pun akan melakukan penampilan di beberapa kota Amerika Serikat seperti New York, Washington, Chicago, Manitowoc, dan San Francisco.

Mereka juga akan mengikuti 2 festival Internasional yaitu Magic Valley Folk Festival di Burley, Idaho dan juga World Folkfest di Springville, Utah. Tim Muhibah Angklung berhasil menyisihkan 80 tim dari seluruh dunia dan menjadi salah satu dari 8 tim yang terpilih pada festival internasional ini.

Seremonial pelepasan ditutup dengan membunyikan angklung yang dimulai pada pukul 09.30 Wib. Rombongan tim mengendarai 1 bus menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng dan direncanakan sampai Bandara Internasional John F

Kennedy di New York, Amerika Serikat tanggal 4 Juli 2022 pukul 10.00 waktu setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement