Senin 11 Jul 2022 12:25 WIB

Serahkan Hewan Qurban, Kemenag Sebut Idul Adha Ajarkan Kepedulian Sosial

Kemenag menyerahkan seekor sapi qurban kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal

Red: Christiyaningsih
Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan seekor sapi qurban kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI).
Foto: Kemenag
Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan seekor sapi qurban kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan seekor sapi qurban kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Penyerahan dilakukan Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bimas Islam, Tarmizi Tohor, Senin (11/7/2022).

Dalam sambutannya, Tarmizi mengajak umat Islam agar mampu meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam melaksanakan perintah Tuhan. Esensi dari ibadah qurban, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap sesama manusia. 

Baca Juga

"Ibadah qurban merupakan bentuk syukur atas karunia Allah SWT. Selain itu, ibadah ini juga membentuk kepekaan sosial terhadap kaum fakir miskin," ujar Tarmizi. 

Tarmizi berharap hewan qurban yang diserahkan Kemenag kepada BPMI dapat memberikan kebahagiaan bagi fakir miskin sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi dari daging kurban. "Saat Idul Fitri, kita memberikan zakat fitrah berupa beras untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Maka, Idul Adha merupakan upaya pemenuhan protein dari konsumsi daging," kata dia.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengungkapkan pada Idul Adha tahun ini Masjid Istiqlal telah menerima 35 ekor sapi dan 17 ekor kambing dari berbagai pihak. "Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat dan sejumlah instansi, baik swasta maupun pemerintah, yang telah menyerahkan hewan kurbannya kepada kami," ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement