Senin 11 Jul 2022 17:53 WIB

UPI Jadikan Idul Adha 1443 Sebagai Momentum Kebangkitan dan Persatuan Umat

Kegiatan Idul Adha diharapkan bisa meningkatkan jalinan silaturahim sesama umat Islam

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar kegiatan Idul Adha 1443 H. Tema yang diangkat adalah “Momentum Idul Adha 1443 H UPI Untuk Kebangkitan dan Persatuan Umat”.
Foto: istimewa
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar kegiatan Idul Adha 1443 H. Tema yang diangkat adalah “Momentum Idul Adha 1443 H UPI Untuk Kebangkitan dan Persatuan Umat”.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar kegiatan Idul Adha 1443 H. Tema yang diangkat adalah “Momentum Idul Adha 1443 H UPI Untuk Kebangkitan dan Persatuan Umat”.

UPI menggelar berbagai kegiatan keagamaan dalam rangka menyemarakkan Idul Adha. Menurut Rektor UPI, Prof Dr M Solehuddin M.Pd., MA, pihaknya berharap nilai-nilai esensial ibadah Qurban mampu digali, dicermati, dipedomani serta diimplementasikan dalam berbagai bentuk dan pola kehidupan masyarakat kampus UPI.

Baca Juga

"Tujuan Kegiatan Idul Adha 1443 H di UPI yaitu untuk menyemarakkan syiar Islam khususnya di lingkungan kampus dan mayarakat luas umumnya," ujar Solehuddin, Senin (11/7).

Selain itu, Solehuddin berharap kegiatan Idul Adha pun bisa meningkatkan jalinan silaturahim sesama umat Islam untuk memperkokoh ukhuwah pasca masa pandemi Covid 19. Serta, menggali nilai-nilai Ibadah Qurban dalam menyejahterakan umat sebagai upaya peningkatan kadar kualitas keimanan kepada Allah SWT.

"Serta bisa menumbuhsuburkan nilai-nilai keagamaan di kalangan Keluarga Besar Universitas Pendidikan Indonesia sebagai pengejawantahan dari motto kampus yang Ilmiah Edukatif dan Religius," katanya.

Sementara menurut Ketua Pelaksana Idul Adha yang juga Dekan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Prof Dr Boyke Mulyana, M.Pd, sasaran strategis kegiatan Idul Adha UPI adalah tenaga dosen, tenaga kependidikan  dan mahasiswa UPI serta masyarakat umum. 

Rangkaian kegiatan Idul Adha, kata dia, diawali dengan penitipan, penyembelihan, dan pendistribusian hewan qurban yang dilaksanakan mulai 19 Juni sampai 8 Juli 2022. 

Selain itu, kata dia, ada acara Tayang Bincang yang diselenggarakan pada 28 Juni 2022 bersama Prof Dr Arif Satria, S.P., M.Si. (Rektor IPB University/Ketua Umum ICMI Pusat Periode 2021-2026). 

Lalu, kata dia, ada pelaksanaan khitanan massal pada 2 Juli 2022 yang diselenggarakan di UPT Poliklinik dan diikuti 24 peserta. Kemudian, pelaksanaan Takbiran, Shalat ‘Id serta penyembelihan Penyembelihan, dan      Pendistribusian Hewan Qurban. 

UPI, menggelar shalat Idul Adha, penyembelihan dan pendistribusian Hewan Qurban pada Ahad, 10 Juli 2022. Shalat Idul Adha dipimpin oleh imam dan khotib yaitu Prof. Dr. H. Aceng Kosasih, M.Ag yang merupakan guru besar pada Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) UPI.

Prof. Dr. H. Aceng Kosasih, M.Ag mengatakan, momen Idul Adha diingatkan kembali akan kisah keluarga teladan keluarga Ibrahim AS yang telah berhasil membangun dan menanamkan tauhid pada segenap sendi-sendi kehidupan yang menjadi potret keluarga sempurna dalam pengabdian dan penghambaan kepada Allah SWT.  "Keteladanaan keluarga tersebut telah suskes dalam membangun dan mentransformasikan kesalehan, kesabaran, kepasrahan, dan ketakwaannya kepada Allah SWT," katanya.

Prof. Dr. H. Aceng Kosasih, M.Ag berharap, keteladanan tersebut bisa terbangun dikalangan para pemuda, orang tua, pejabat public yang mencerminkan hidup sederhana, arif, santun, dan penuh kasih kepada sesama yang bisa ditiru.  UPI, berkurban  7 ekor sapi dan 7 ekor domba untuk didistribusikan bagi masyarakat yang berada di lingkungan UPI. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement