Senin 18 Jul 2022 20:40 WIB

Uni Eropa Amankan 54 Ribu Dosis Tambahan Vaksin Cacar Monyet Bavarian Nordic

Sekarang ada lebih dari 7.000 kasus yang dilaporkan di Uni Eropa.

Red: Nidia Zuraya
Cacar monyet atau monkeypox. Ilustrasi
Foto: Pixabay
Cacar monyet atau monkeypox. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Komisi Eropa mengatakan pada Senin (18/7/2022) bahwa pihaknya telah memastikan pembelian sekitar 54.000 dosis tambahan vaksin cacar monyet yang dikembangkan oleh perusahaan biotek Bavarian Nordic.Kepastian itu didapat ketika kekhawatiran atas penyakit tersebut meningkat di tengah lonjakan kasus.

Kesepakatan pasokan itu dilakukan setelah kontrak awal yang ditandatangani pada Juni, saat Uni Eropa memesan sekitar 110.000 dosis vaksin Bavarian Nordic."Saya prihatin dengan meningkatnya jumlah kasus cacar monyet di EU," kata komisaris kesehatan EU Stella Kyriakide.

Baca Juga

Ia menambahkan bahwa sekarang ada lebih dari 7.000 kasus yang dilaporkan di negara-negara anggota Uni Eropa. Angka itu menunjukkan peningkatan hampir 50 persen dari minggu lalu.

Di bawah pesanan awal, EU sejauh ini telah mengirimkan sekitar 25.000 dosis ke enam negara anggota, kata komisi itu dalam sebuah pernyataan.Vaksin dikirim ke negara-negara yang diprioritaskan berdasarkan kebutuhan dan jumlah kasus.Norwegia dan Islandia juga berhak menerima vaksin cacar monyet, selain 27 negara Uni Eropa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ الَّذِى اشْتَرٰىهُ مِنْ مِّصْرَ لِامْرَاَتِهٖٓ اَكْرِمِيْ مَثْوٰىهُ عَسٰىٓ اَنْ يَّنْفَعَنَآ اَوْ نَتَّخِذَهٗ وَلَدًا ۗوَكَذٰلِكَ مَكَّنَّا لِيُوْسُفَ فِى الْاَرْضِۖ وَلِنُعَلِّمَهٗ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۗ وَاللّٰهُ غَالِبٌ عَلٰٓى اَمْرِهٖ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Dan orang dari Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya,” Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, mudah-mudahan dia bermanfaat bagi kita atau kita pungut dia sebagai anak.” Dan demikianlah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di negeri (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya takwil mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti.

(QS. Yusuf ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement