Ahad 15 Sep 2024 16:59 WIB

Masyarakat Harus Diedukasi Cegah Wabah Monkeypox

Wabah cacar monyet atau monkeypox dimungkinkan sudah ada di Indonesia.

Red: Arie Lukihardianti
Kasus Monkeypox/cacar monyet (ilustrasi).
Foto: Freepik
Kasus Monkeypox/cacar monyet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Masyarakat harus bersiap jika sampai terjadi pandemi lagi di Indonesia. Apalagi, menurut Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Bandung, dr Tammy Juwono Siarif, SH MH Kes, wabah cacar monyet atau monkeypox dimungkinkan sudah ada di Indonesia.

Menurut dr Tammy, dia bersama para koleganya sesama dokter dan penggiat sosial di Lions Club, memiliki kewajiban untuk sosialisasikan masalah monkeypox tersebut. Terutama dalam memberikan edukasi pada masyarakat.

Baca Juga

"Masyarakat harus memiliki pengetahuan. Jadi berdasarkan pengalaman saat pandemi lalu, maka kita juga harus bisa mencegahnya kalau tiba-tiba wabah monkeypox ini hadir di sekitar kita," ujar dr Tammy saat diwawancarai disela-sela kegiatan Lions Club Bandung Go Green di Rumah Sakit Murni Teguh, akhir pekan ini.

Selain itu, kata dr Tammy, jika nanti pandemi ini ada lagi maka hal yang paling utama dilakukan adalah kembali menjaga protokoler kesehatan. Semisal penggunaan masker dan khusus untuk monkeypox ini maka hindari bersentuhan kulit secara langsung.