Selasa 19 Jul 2022 03:14 WIB

Jadi Spot Wisata Sejarah, Pedestrian Balai Kota Sukabumi Dipercantik

Penataan pedestrian Balai Kota Sukabumi ini menggunakan anggaran CSR Bank Bjb

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Petugas gabungan Pemkot Sukabumi yang dipimpin Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membersihkan kawasan pedestrian Ir Djuanda atau Dago, Senin (16/5/2022).
Foto: Republika/riga nurul iman
Petugas gabungan Pemkot Sukabumi yang dipimpin Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membersihkan kawasan pedestrian Ir Djuanda atau Dago, Senin (16/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Keberadaan pedestrian Balai Kota Sukabumi kini tengah dipercantik. Langkah tersebut sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah menjadikan kawasan pedestrian Balai Kota Sukabumi menjadi lebih indah dan tertata lebih baik.

'' Dalam rangka menata dan mempercantik pusat kota, saat ini di kawasan Balai Kota Sukabumi sedang dilakukan proses pembangunan pedestrian dan ruas jalannya,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam unggahan di media sosial pribadi Instagram, Senin (18/7/2022). Dalam media sosial itu juga ditampilkan desain baru dari kawasan pedestrian Balai Kota Sukabumi.

Baca Juga

Sehingga lokasi itu didesain menjadi satu kawasan dengan Pedestrian Ir Djuanda atau Dago yang telah lebih awal dilakukan perbaikannya. Di mana, penataan pedestrian Balai Kota Sukabumi ini menggunakan anggaran yang bersumber dari dana CSR bank bjb.

'' Diharapkan dapat mengubah tampilan wajah Balai Kota menjadi lebih indah dan menjadi salah satu spot wisata sejarah,'' kata Fahmi. Hal ini karena Balai kota merupakan bangunan heritage, maka penataan yang saat ini sedang dilakukan sekaligus juga berupaya untuk mengembalikan bangunan yg pernah ada di masanya.

Misalnya tugu jam yang saat ini sudah hilang dan kini akan dibangun kembali. '' Mohon maaf kepada warga yang terganggu perjalanannya sementara waktu sampai denga proses pembangunan selesai seutuhnya,'' imbuh wali kota.

Pada saat yang bersamaan pemkot juga merenovasi keberadaan Bundaran Tugu Adipura yang berada di depan Lapang Merdeka Kota Sukabumi. '' Bundaran Tugu Adipura tengah direnovasi dengan pendanaan dari CSR Toserba Yogya sebesar Rp 200 juta,'' ujar Kepala Bidang Tata Bangunan, Jasa Konstruksi dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi Muhammad Sahid. Pengerjaanya oleh forum CSR Kota Sukabumi.

Berdasarkan informasi kata Sahid, lama waktu lengerjaanya selama 60 hari mulai pertengahan Juli 2022. Di mana prosesnya diawali dengan pemagaran di sekeliling Tugu Adipura.

Sahid menerangkan, informasi yang diperoleh menyebutkan dilihat dari desainya bangunan tugu dipercantik. Sehingga bisa lebih terlihat lebih cantik dan indah dibandingkan sebelumnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement