Kamis 21 Jul 2022 08:05 WIB

WhatsApp Resmi Luncurkan Transfer Riwayat Obrolan Antara iOS dan Android

Google memiliki aplikasi Switch to Android di Apple App Store.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengguna WhatsApp yang ingin mentransfer riwayat obrolan dari iPhone ke smartphone Android sudah bisa melakukannya. Meta telah menghapus setiap batasan yang menghambat proses di masa lalu.

Mayoritas pengguna smartphone Android yang memiliki perangkat bermerek Samsung memiliki kemampuan untuk menarik semua data WhatsApp mereka dari iPhone. Namun, fasilitas tersebut kini sudah tersedia untuk smartphone Android dari perusahaan lain.

Baca Juga

Dalam akun Twitternya, WhatsApp mengonfirmasi kemampuan untuk mentrasnfer riwayat obrolan dari Apple iPhone ke smartphone Android dan sebaliknya. Aplikasi ini menjanjikan pengguna kebebasan untuk beralih ke dan dari perangkat pilihan Anda.

“Cara baru untuk menyimpan obrolan, Anda dapat mentransfer seluruh riwayat obrolan dari Android ke iOS dan sebaliknya. Sekarang Anda memiliki kebebasan untuk beralih ke dan dari perangkat pilihan Anda,” kata WhatsApp.

Mentransfer seluruh riwayat obrolan WhatsApp tidak pernah menjadi proses yang mudah atau langsung. Sama halnya dengan memindahkan informasi pribadi lainnya dari iPhone ke smartphone Android juga tidak mudah. Namun, Apple memiliki aplikasi Move to iOS di Google Play Store dan Google memiliki aplikasi Switch to Android di Apple App Store.

Dilansir Neowin, Kamis (21/7/2022), WhatsApp sangat bergantung pada aplikasi Move to iOS untuk mentransfer riwayat obrolan dari smartphone Android ke iPhone. Prosesnya melibatkan mengunduh aplikasi di ponsel pintar Android dan mengikuti petunjuk di layar yang muncul di perangkat sumber dan tujuan.

Setelah data ditransfer, pengguna dapat membuka WhatsApp di iPhone target dan masuk menggunakan nomor telepon yang sama yang mereka gunakan di perangkat Android.

Penting dicatat bahwa aplikasi Move to iOS hanya dapat memindahkan pesan pribadi. Itu tidak akan dapat mentransfer pesan pembayaran peer-to-peer. Selain itu, data yang ditransfer tidak langsung masuk ke atau melalui penyimpanan cloud apa pun.

WhatsApp belum menawarkan prosedur untuk mengalihkan riwayat obrolan dari iPhone ke perangkat Android. Google belum lama ini memperbarui aplikasi Switch to Android dan hal yang sama tersedia di Apple App Store. Oleh karena itu, sangat mungkin bahwa prosedur untuk mengalihkan riwayat obrolan WhatsApp dari iPhone ke smartphone Android tidak akan jauh berbeda, tetapi perangkat harus menjalankan Android 12 atau lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement