Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

 

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Hidupkan Perdagangan Pasar Pelita, Pemkot Sukabumi Kembali Tertibkan PKL

Kamis 21 Jul 2022 12:30 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Suasana penertiban PKL di sekitar Pasar Pelita Kota Sukabumi di Jalan Perniagaan Kota Sukabumi, Sabtu (12/2/2022).

Suasana penertiban PKL di sekitar Pasar Pelita Kota Sukabumi di Jalan Perniagaan Kota Sukabumi, Sabtu (12/2/2022).

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Para PKL khususnya yang masih berdagang di luar diajak bersama masuk ke dalam pasar

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi berupaya menghidupkan aktivitas perdagangan di dalam Pasar Pelita Kota Sukabumi. Langkah tersebut salah satunya dengan melakukan penertiban PKL yang masih berjualan di luar Pasar Pelita seperti di beberapa ruas jalan agar masuk ke pasar.

 

Upaya tersebut langsung dipantau Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang mengunjungi Pasar Pelita Kota Sukabumi pada Kamis (21/7/2022). Dalam momen ini pula hadir Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, Kodim 0607 Kota Sukabumi yang diwakili Danramil Cikole Kapten Inf Ahmad Samas dan unsur terkait lainnya.

Baca Juga

'' Sebagaimana hasil rapat forkopimda beberapa waktu lalu, hari ini disepakati akan kembali melaksanakan penertiban,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Jadi unsur Polri, TNI, pemda terlibat aktif (dalam penertiban-red) termasuk PT KAI.

Diharapkan dengan penertiban kedua kali PKL ini mampu semakin menghidupkan perdagangan dan perekonomian di dalam Pasar Pelita yang sudah terbangun. '' Penertiban akan terus dilakukan meskipun dengan jumlah personel makin berkurang nanti, bisa sebulan atau dua bulan akan terus dilakukan,'' kata wali kota

Fahmi mengimbau kepada PKL khususnya yang masih berdagang di luar mari bersama masuk ke dalam pasar. Sebab kini dengan berbagai skema dan solusi telah diberikan oleh pengembang dan pedagang tinggal masuk ke dalam Pasar Pelita.

'' Jangan terprovokasi ajakan dari pihak tidak bertanggungjawab untuk berdagang diluar,'' kata Fahmi. Hal ini karena pemerintah bersama aparat dengan tegas melarang ruas jalan yang ada digunakan PKL berjualan.

Sebelumnya, Pemkot Sukabumi mendorong warganya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Hal ini untuk menggerakkan perekonomian warga. Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat mengunjungi Pasar Lembursitu Kecamatan Lembursitu, Senin (11/7/2022). Kedatangan wali kota untuk mendorong pasar tradisional tersebut bergerak dan ramai dikunjungi warga.

Sebelumnya revitalisasi Pasar Rakyat Jawa Barat Juara di Lembursitu Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Januari 2022 lalu. Revitalisasi pasar rakyat ini sebagai bagian dari menggerakan warga untuk berbelanja ke pasar tradisional. '' Kami mendorong warga untuk berbelanja ke pasar tradisional termasuk ke Pasar Lembursitu,'' ujar Fahmi.

Menurut dia, di pasar tradisional warga bisa membeli kebutuhan sehari-hari. Terlebih, kondisi Pasar Lembursitu saat ini sudah tertata dengan baik dan memberikan kenyamanan baik kepada pembeli maupun pedagang.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi Ayi Jamiat menambahkan, berbagai cara dilakukan agar warga berbelanja ke pasar tradisional. Harapannya aktivitas jual beli di dalam pasar bisa meningkat.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile