Ahad 24 Jul 2022 13:35 WIB

Dua Warganya Tewas di Donbas, Deplu AS Belum Mau Bagikan Informasi Detail

Deplu AS mengonfirmasi dua warganya meninggal dunia di Donbas, Ukraina timur.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Kondisi Kiev, Ukraina, setelah ledakan pada 24 Februari 2022. Deplu AS mengonfirmasi ada dua warganya yang meninggal dunia di Donbas, Ukraina timur. Pihak Deplu tidak menjabarkan informasi mengenai waktu kematian maupun keadaan jasad kedua warganya itu demi menghormati keluarga.
Foto:

Sejak Rusia menyerang Ukraina pada 24 Februari lalu, sejumlah warga AS secara sukarela bertolak ke Kiev untuk bertempur bersama pasukan negara tersebut. Meskipun pemerintah AS sudah memperingatkan untuk tidak ikut mengangkat senjata, mereka mengabaikannya.

Pada Mei lalu, seorang warga AS dikonfirmasi tewas dalam pertempuran. Sejak awal agresi, Donbas sudah menjadi pusat pertempuran pasukan Rusia dan Ukraina.

Rusia telah berhasil menguasai Luhansk dan tengah berusaha mengambil alih Donetsk. Sebelum melancarkan serangan pada 24 Februari lalu, Moskow sudah terlebih dulu mengakui kemerdekaan Luhansk dan Donetsk.

Sejak 2014, wilayah Luhansk dan Donetsk sudah dikuasai oleh kelompok separatis pro-Rusia. Selain Rusia, terdapat dua negara lain yang telah mengakui kemerdekaan mereka, yakni Suriah dan Korea Utara (Korut). Ukraina telah memutuskan hubungan diplomatik dengan kedua negara tersebut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ اَرَاَيْتُمْ شُرَكَاۤءَكُمُ الَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗاَرُوْنِيْ مَاذَا خَلَقُوْا مِنَ الْاَرْضِ اَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِى السَّمٰوٰتِۚ اَمْ اٰتَيْنٰهُمْ كِتٰبًا فَهُمْ عَلٰى بَيِّنَتٍ مِّنْهُۚ بَلْ اِنْ يَّعِدُ الظّٰلِمُوْنَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا اِلَّا غُرُوْرًا
Katakanlah, “Terangkanlah olehmu tentang sekutu-sekutumu yang kamu seru selain Allah.” Perlihatkanlah kepada-Ku (bagian) manakah dari bumi ini yang telah mereka ciptakan; ataukah mereka mempunyai peran serta dalam (penciptaan) langit; atau adakah Kami memberikan kitab kepada mereka sehingga mereka mendapat keterangan-keterangan yang jelas darinya? Sebenarnya orang-orang zalim itu, sebagian mereka hanya menjanjikan tipuan belaka kepada sebagian yang lain.

(QS. Fatir ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement