Rabu 27 Jul 2022 14:31 WIB

4 Kunci Kesuksesan Berdakwah Menurut Habib Taufiq

Berdakwah merupakan aktivitas yang mesti diperkuat dengan adab

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Berdakwah agama Islam. Berdakwah merupakan aktivitas yang mesti diperkuat dengan adab
Foto:

Ketiga, seorang dai harus mempunyai akal dan cerdas. Menurut Habib Taufiq, seorang pendakwah mesti cerdas dalam menyampaikan pesan-pesan dakwahnya sesuai dengan kondisi jamaah (mad'u atau mustami'). 

Seorang dai harus mampu membaca persoalan dan kebutuhan jamaah, menganalisisnya, dan memberikan solusi yang tepat dengan penyampaian yang bijak sesuai tuntunan Rasulullah SAW. 

"Ngga usah ngajarin hakikat orang ngga bisa wudhu. Berikan ilmu itu sesuai dengan yang dibutuhkan orang yang ada di hadapan kamu. Orang awam itu tak perlu macam-macam. Bawa taat pada Allah SWT, tobat dari maksiat, bersihkan hati," katanya.

Keempat, seorang dai harus mengetahui jamaah yang dihadapinya. Seorang dai tidak boleh menggunakan cara atau metode dakwah yang sama kepada komunitas jamaah yang berbeda. 

Habib Taufiq mencontohkan seorang dai yang berdakwah kepada jamaah dari lapisan masyarakat biasa tidak bisa disamakan dengan caranya berdakwah kepada kalangan akademisi maka para pendakwah yang memiliki keempat hal tersebut akan mencapai keberhasilan dalam dakwahnya.  

Baca juga: India Tangkap Tersangka Pemenggal Kepala Warga Hindu Pro Penghinaan Nabi   

Namun demikian Habib Taufiq menekankan bahwa dakwah sejatinya tidak saja dengan berceramah di atas mimbar. Justru dakwah yang efektif adalah melalui keteladanan. Habib Taufiq mengatakan banyak orang yang bertaubat setelah memandang dan mencermati kehidupan Habib Abu Bakar Assegaf Gresik  yang memiliki hati bersih, khusyuk, zuhud, berilmu, dan tawadhu.  

 

Dalam kesempatan itu, Habib Taufiq juga mengajak agar setiap orang tua senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar menganugerahkan keturunan-keturunan yang memiliki maqam yang tinggi di sisi Allah SWT serta memiliki ilmu yang bermanfaat. Dia juga menasehati agar setiap anak berdoa dan meminta doa dari orang tuanya agar menjadi orang yang berilmu dan tinggi derajatnya di sisi Allah SWT.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement