Kamis 04 Aug 2022 19:49 WIB

Dokter: Kawal 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak Agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Red: Reiny Dwinanda
Ibu dan bayinya (Ilustrasi). ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir hingga usia enam bulan.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ibu dan bayinya (Ilustrasi). ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir hingga usia enam bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis anak dr Ardi Santoso mengatakan bahwa proses tumbuh kembang 1.000 hari pertama kehidupan anak sangat penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, tumbuh kembang buah hati bisa optimal.

"Upaya memaksimalkan tumbuh kembang anak selama 1.000 hari pertamanya dapat dilakukan dengan menyediakan lingkungan yang sehat, memberikan makanan yang bernutrisi, memberikan stimulasi yang baik, dan memberikan imunisasi," kata Ardi dalam acara webinar dikutip Kamis (4/8/2022).

Baca Juga

Ardi mengingatkan agar anak-anak mendapatkan nutrisi yang optimal. Perkembangan otak membutuhkan dukungan nutrisi yang baik.

"Otak berkembang kalau diberi makanan," jelasnya.

Ardi mengatakan sejak bayi lahir sampai usia enam bulan, nutrisi terbaik adalah air susu ibu (ASI). Setelah enam bulan, bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan kalori yang tidak lagi bisa terpenuhi dari ASI.

Periode pemberian MPASI biasanya memunculkan banyak "drama", seperti keluhan anak susah makan. Ardi mengatakan banyak mispersepsi bahwa bayi itu harus makannya hambar dan menu tunggal.

"Padahal itu tidak benar," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement