Jumat 05 Aug 2022 15:23 WIB

Perdana, Pesawat Komersial Menuju Israel Lintasi Wilayah Udara Arab Saudi

Penerbangan komersial tersebut dioperasikan oleh maskapai Cathay Pacific Hong Kong.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Penumpang melewati konter Cathay Pacific di Bandara Internasional Hong Kong. Perdana, Pesawat Komersial Menuju Israel Lintasi Wilayah Udara Arab Saudi
Foto:

Pernyataan Arab Saudi mengatakan telah membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai penerbangan yang memenuhi persyaratan Otoritas untuk melintas. Hal ini berarti perusahaan Israel juga dapat mempersingkat perjalanan dengan melintasi wilayah udara Saudi. 

Namun, sejak pengumuman tersebut maskapai penerbangan dari Israel masih belum terbang di atas wilayah udara Saudi. Arab Saudi diketahui sebelumnya telah mengeluarkan larangan penerbangan dari perusahaan non-Israel yang bepergian ke atau dari Israel.

Terbaru, seorang penyiar publik Kan mengatakan maskapai nasional Israel El Al telah menerima persetujuan resmi dari Riyadh untuk mulai menggunakan wilayah udaranya, Rabu (3/8/2022).

Meski demikian, dalam laporan yang bertentangan di hari yang sama, Channel 13 mengatakan El Al dan maskapai Israel Arkia masih menunggu persetujuan akhir dari Arab Saudi. Mereka berharap dapat menerima izin tersebut di akhir minggu ini.

Israel dan AS memuji keputusan Arab Saudi mencabut pembatasan penerbangan ini, sebagai perkembangan besar dalam hubungan antara Yerusalem dan Riyadh. Menjelang kunjungan Biden ke wilayah tersebut, para pejabat Israel menyatakan harapan tinggi untuk kemajuan menuju normalisasi dengan Arab Saudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement