Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Festival Kuliner Aceh Hadirkan 700 Menu Khas Sumatra

Sabtu 06 Aug 2022 16:20 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Kegiatan festival kuliner aceh, Aceh Culinary Festival (ACF) 2022, menghadirkan 700 menu makanan khas dari sembilan provinsi di Sumatra dan 23 kabupaten/kota se-Aceh. (ilustrasi)

Kegiatan festival kuliner aceh, Aceh Culinary Festival (ACF) 2022, menghadirkan 700 menu makanan khas dari sembilan provinsi di Sumatra dan 23 kabupaten/kota se-Aceh. (ilustrasi)

Foto: Republika/Thoudy Badai
Fetsival Kuliner Aceh berlangsung pada 5-7 Agustus di Taman Sulthanah Safiatuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH -- Kegiatan festival kuliner aceh, Aceh Culinary Festival (ACF) 2022, menghadirkan 700 menu makanan khas dari sembilan provinsi di Sumatra dan 23 kabupaten/kota se-Aceh.

 

"Hari ini terjadi kolaborasi event (kegiatan) antara Pemerintah Aceh dengan Bank Indonesia Perwakilan Aceh, 23 kabupaten/kota dan sembilan provinsi di Sumatra," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamaldi Banda Aceh, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga

Kegiatan itu berlangsung pada 5-7 Agustus 2022 di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh dengan menghadirkan pelaku UMKM se-Sumatra. Ia mengatakan festival kuliner tersebut melibatkan 170 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah se-Sumatera.

"Kali ini kita mampu menggerakkan teman-teman dari Sumatra, tahun depan kita berharap hadir dari seluruh nusantara, dengan seluruh menu asal 34 provinsi se-Indonesia," ujarnya.

Almuniza menjelaskan, Aceh Culinary Festival kegiatan tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2014 oleh Pemerintah Aceh dengan tujuan preservasi kuliner tradisional Aceh. "Sekaligus turut berkontribusi dalam meningkatkan kesiapan para pelaku industri kuliner, sehingga dapat mendorong Aceh masuk dalam salah satu destinasi wisata kuliner unggulan Indonesia," katanya.

Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Reza Fahlevi mengatakan Aceh Culinary Festival salah satu strategi untuk meningkatkan ekonomi. Kegiatan seperti ini, katanya, salah satu cara paling efektif mengangkat pariwisata daerah karena bisa mendatangkan wisatawandan berdampak positif ke banyak sektor.

"Dampaknya besar, ada UMKM yang terlibat, ada masyarakat yang hadir, ada transaksi, ada nilai ekonomi, budaya dan nilai jual kelestarian lingkungan," katanya.

Ia menyampaikan potensi pariwisata Aceh luar biasa, namun untuk mengembangkannya perlu kolaborasi menjadikan potensi itu memiliki daya tarik sehingga mendatangkan wisatawan. "Kami tentu siap mendukung Pemerintah Aceh. Pariwisata maju ekonomi bangkit, budaya lestari dan bersama jaga Indonesia," ujar Reza Fahlevi.

 

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile