Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Umur Sudah 40-an, Gangguan Mata Ini Harus Diwaspadai

Sabtu 06 Aug 2022 23:58 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Mengucek mata (Ilustrasi). Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami perubahan, termasuk penglihatan.

Mengucek mata (Ilustrasi). Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami perubahan, termasuk penglihatan.

Foto: Republika/Desy Susilawati
Ketika mencapai usia 40-an, orang berisiko mengalami beberapa masalah mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh mengalami perubahan seiring bertambahnya usia, termasuk penglihatan. Setelah mencapai usia 40-an, orang berisiko mengalami beberapa masalah mata umum yang perlu diwaspadai.

 

Ahli mata dari Inggris dr Pamela Miller mengatakan bahwa ketika mencapai usia dekade keempat dalam hidup, Anda mungkin mulai menyipitkan mata untuk melihat dan membaca. Kondisi ini bisa jadi presbiopi. Seiring bertambahnya usia, lensa mata secara alami mengeras, kehilangan kemampuannya untuk berubah bentuk yang dapat membuat Anda sulit untuk fokus pada hal-hal yang dekat.

Baca Juga

"Jika Anda merasa kesulitan melihat dekat, mungkin ada baiknya menemui ahli kacamata untuk mengetahui perawatan apa yang terbaik," kata dr Miller, seperti dilansir laman Express, Sabtu (6/8/2022).

Selain itu, katarak juga bisa mengusik di usia 40-an. Katarak dapat membuat lensa mata seolah berawan.

Masalah mata yang satu ini dapat diperbaiki dengan kacamata resep. Hanya saja, untuk orang-orang yang penglihatannya semakin memburuk, operasi korektif mungkin diperlukan.

“Sama seperti katarak, glaukoma juga bisa membuat mata terlihat berawan atau berkabut," jelas dr Miller.

Menurut dr Miller, seiring bertambahnya usia, tekanan di mata dapat tumbuh dan merusak saraf optik, membuat penglihatan kabur. Dalam beberapa kasus Anda bahkan mungkin merasa sakit secara fisik.

Meskipun relatif umum untuk orang berusia 40 dan lebih tua, glaukoma dapat tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Itu karena glaukoma dapat muncul tanpa gejala.

"Inilah mengapa sangat penting untuk menemui ahli kacamata Anda secara teratur karena mereka akan dapat mengetahui kondisinya lebih awal dan memberi Anda rencana perawatan," kata dr Miller.

Lalu, ada degenerasi makula terkait usia, yaitu saat mulai melihat bintik buta dalam penglihatan. Degenerasi makula atau AMD bisa menjadi risiko serius bagi kesehatan Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile