Selasa 30 Aug 2022 12:02 WIB

Rusia akan Latihan Militer Bersama China dan Negara Sekutu

Latihan militer melibatkan lebih dari 50.000 tentara, lebih dari 5.000 unit senjata

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Rusia akan menggelar latihan militer di timur negara itu yang akan melibatkan pasukan dari China dan negara sekutu lainnya.
Foto: AP/Dmitri Lovetsky
Rusia akan menggelar latihan militer di timur negara itu yang akan melibatkan pasukan dari China dan negara sekutu lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia akan menggelar latihan militer di timur negara itu yang akan melibatkan pasukan dari China dan negara sekutu lainnya. Kegiatan ini memperlihatkan hubungan pertahanan yang semakin erat antara Moskow dan Beijing di tengah ketegangan dengan Barat.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Senin (29/8/2022), latihan Vostok 2022 (Timur 2022) akan diadakan pada 1-7 September di berbagai lokasi di Far East Rusia dan Laut Jepang. Video yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia menunjukan, pasukan China yang tiba di Rusia sebagai persiapan untuk latihan tersebut. Latihan akan dilakukan di tujuh lapangan tembak di Far East Rusia dan akan melibatkan pasukan dari beberapa negara bekas Uni Soviet, China, India, Laos, Mongolia, Nikaragua, dan Suriah.

Kegiatan ini melibatkan lebih dari 50.000 tentara, lebih dari 5.000 unit senjata, termasuk 140 pesawat, dan 60 kapal perang. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, unit pasukan Lintas Udara Rusia, pembom jarak jauh, dan pesawat kargo militer akan mengambil bagian dalam latihan bersama dengan pasukan lain.

Kementerian Pertahanan Rusia mencatat bahwa sebagai bagian dari manuver, angkatan laut Rusia dan China di Laut Jepang akan mempraktekkan tindakan bersama untuk melindungi komunikasi laut, bidang kegiatan ekonomi laut, dan dukungan untuk pasukan darat di daerah pesisir. Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Fomin merinci, latihan angkatan laut akan mengambil bagian di bagian utara dan tengah Laut Jepang.

"Latihan itu tidak ditujukan terhadap negara atau aliansi militer tertentu dan murni defensif," kata Fomin pada pertemuan dengan atase militer asing.

Latihan tersebut mencerminkan peningkatan hubungan pertahanan antara Moskow dan Beijing yang telah tumbuh lebih kuat sejak Istana Kremlin mengirim pasukannya ke Kiev pada 24 Februari. China dengan tegas menolak untuk mengkritik tindakan Rusia, menyalahkan Amerika Serikat dan NATO karena memprovokasi dan mengecam sanksi hukuman dikenakan pada Rusia.

Rusia juga sangat mendukung China di tengah ketegangan dengan AS yang menyusul kunjungan Ketua House of Representatives  AS Nancy Pelosi baru-baru ini ke Taiwan. Berbicara awal bulan ini, Presiden Rusia Vladimir Putin menarik kesejajaran antara dukungan AS untuk Ukraina dan perjalanan Pelosi ke Taiwan. Dia menuduh bahwa keduanya adalah bagian dari dugaan upaya AS untuk memicu ketidakstabilan global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement