Kamis 22 Sep 2022 19:30 WIB

Hobi Olahraga? Ini Layanan Kesehatan yang Tepat

Penggiat olahraga perlu berkonsultasi untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Red: Natalia Endah Hapsari
Layanan kesehatan untuk penggiat olahraga.
Foto: dok RS Royal Progress
Layanan kesehatan untuk penggiat olahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Cedera olahraga merupakan hal yang sangat krusial bagi atlet profesional maupun penggiat olahraga. Untuk itu, seluruh pelaku olahraga wajib berkonsultasi pada dokter spesialis yang ahli di bidangnya untuk mengetahui tindakan dan proses penyembuhan apa yang harus diambil.

Ini tentu bertujuan agar dokter dapat membantu memberikan diagnosa tepat bagi pasien dan membantu proses penyembuhan sehingga dapat melakukan aktivitas olahraga kembali. 

Untuk para pencinta olahraga, Rumah Sakit Royal Progress memiliki salah satu layanan unggulan di bidang sports orthopedic, melalui dua fasilitas layanan kesehatan terintegrasi yaitu Royal Sports Medicine Centre (RSMC) dan Royal Sports Performance Centre (RSPC) yang berfokus dalam mencegah, mengobati, hingga membantu masa pemulihan bagi seluruh masyarakat, penggiat olahraga, termasuk atlet profesional. 

“Sebagai institusi layanan kesehatan, RS Royal Progress menyadari bahwa kami memiliki peran besar untuk dapat berkontribusi dalam mendukung prioritas utama dari pemerintah yaitu “Pulih Lebih Cepat” dan “Bangkit Lebih Kuat” agar Indonesia siap dalam menghadapi tantangan global dan mampu kembali bersaing di dunia internasional, terutama dapat bertumbuh dan bertansformasi di tengah tantangan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir,” kata dr Ivan Setiadarma, Direktur Utama Rumah Sakit Royal Progress, dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (22/09/2022).

Rumah Sakit Royal Progress menghadirkan Royal Sports Medicine Centre (RSMC) dan Royal Sports Performance Centre (RSPC) dalam memberikan layanan kesehatan bagi atlet dan penggiat olahraga. Ini bertujuan untuk pencegahan, skrining, pengobatan cedera olahraga, hingga peningkatan kebugaran dan motivasi agar dapat kembali pada tujuan olahraga mereka. Hal tersebut turut menjadi komitmennya dalam menjawab tantangan dan membawa Indonesia bangkit lebih kuat dan “Bersama Cetak Juara” pada sektor olahraga.

“RSMC dan RSPC telah dipercaya untuk menjadi partner kesehatan resmi bagi federasi olahraga nasional, serta telah melakukan tindakan medis operasi dan memberikan dukungan fisioterapi hingga ribuan pasien. Pada Hari Olahraga Nasional yang jatuh di bulan September, kami juga menjadi partner kesehatan pada berbagai acara olahraga nasional melalui layanan penyediaan tenaga medis sebagai wujud komitmen kami untuk mendukung atlet dan penggiat olahraga agar mampu meraih potensi optimal mereka,” ujar dr Panudju Djojoprajitno, General Manager Rumah Sakit Royal Progress.

Dalam perannya, Royal Sports Medicine Centre (RSMC) menghadirkan solusi pelayanan medis yang ditujukan bagi penggiat olahraga dan atlet untuk mendiagnosa dengan tepat cedera yang dialami sehingga dapat menentukan rencana pengobatan yang tepat bagi pasien. Hal tersebut akan berujung pada proses pemulihan dan kesembuhan optimal yang ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi. 

Menurut dr Bobby Nelwan SpOT (K), Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Konsultan Sports Injury yang berpraktek di Royal Sports Medicine Centre berlokasi di Rumah Sakit Royal Progress, salah satu metode pengobatan unggulan saat ini yakni Arthroscopy yuntuk mendeteksi, mendiagnosis, dan mengatasi berbagai masalah pada persendian.

Sedangkan Royal Sports Performance Centre (RSPC) berperan dalam membantu masa pemulihan dan memaksimalkan performa atlet maupun penggiat olahraga secara holistik dengan pelayanan yang paripurna, ditangani secara langsung dan terintegrasi oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (SpKO), psikolog olahraga, terapis fisik, ahli gizi, spesialis akupuntur, serta psikoterapis olahraga.

“Royal Sports Performance Centre berkomitmen untuk membantu masa pemulihan dan peningkatan performa bagi atlet dan penggiat olahraga melalui serangkaian layanan yang dibutuhkan bagi mereka untuk tujuan olahraganya,'' ujar dr Sophia Hage SpKO dari Royal Sports Performance Centre.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement