Rabu 28 Sep 2022 06:49 WIB

Wajib Militer Buat Puluhan Ribu Warga Rusia Kabur ke Eropa

Selama sepekan terakhir, hampir 66 ribu warga Rusia memasuki Uni Eropa.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Rekrutmen Rusia berjalan melewati pusat rekrutmen militer di Volgograd, Rusia, Sabtu, 24 September 2022. Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu memerintahkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan untuk memperkuat pasukannya di Ukraina.
Foto: AP Photo
Rekrutmen Rusia berjalan melewati pusat rekrutmen militer di Volgograd, Rusia, Sabtu, 24 September 2022. Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu memerintahkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan untuk memperkuat pasukannya di Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Badan perbatasan Uni Eropa, Frontex, mengungkapkan, warga Rusia yang memasuki wilayah mereka meningkat signifikan. Hal itu diyakini terjadi karena adanya mobilisasi parsial militer yang diperintahkan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada warganya.

“Selama sepekan terakhir, hampir 66 ribu warga Rusia memasuki Uni Eropa, lebih dari 30 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Sebagian besar dari mereka tiba di Finlandia dan Estonia,” kata Frontex dalam sebuah pernyataan, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga

Frontex mengungkapkan, selama empat hari terakhir saja, 30 ribu warga Rusia telah tiba di Finlandia. Menurut Frontex, mayoritas warga Rusia yang menyeberang ke Uni Eropa memiliki izin tinggal, visa, atau memiliki kewarganegaraan ganda.

“Frontex memperkirakan bahwa penyeberangan perbatasan ilegal kemungkinan akan meningkat jika Federasi Rusia memutuskan untuk menutup perbatasan untuk calon wajib militer,” kata Frontex seraya menambahkan bahwa dalam jangka panjang peningkatan tinggal ilegal oleh warga Rusia di Uni Eropa juga mungkin terjadi.

Pada Senin (26/9/2022) lalu, Uni Eropa, yang beranggotakan 27 negara, mulai membahas tentang bagaimana memperlakukan wajib militer Rusia. Namun sejauh ini mereka belum menemukan kesepakatan.

photo
Warga Rusia berbaris untuk mendapatkan Personal Identification Number (INN) Kazakhstan di pusat layanan publik di Almaty, Kazakhstan, Selasa, 27 September 2022. Sehari setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan mobilisasi sebagian untuk memperkuat pasukannya di Ukraina, banyak warga Rusia yang meninggalkan rumah mereka. - (Vladimir Tretyakov/NUR.KZ via AP)

Pada 21 September lalu, Vladimir Putin mengumumkan tentang mobilisasi militer parsial di Rusia. “Kita berbicara tentang mobilisasi parsial, yaitu warga negara yang memenuhi syarat saat ini akan dikenakan wajib militer, dan mereka yang bertugas di angkatan bersenjata dengan spesifikasi militer tertentu serta pengalaman yang relevan," kata Putin dalam pidato pengumumannya.  

Putin mengatakan, keputusan untuk mobilisasi parsial bertujuan untuk melindungi Rusia dan seluruh rakyatnya. "Ini untuk melindungi tanah air kita, kedaulatan dan integritas teritorialnya, guna memastikan keamanan rakyat kita dan orang-orang di wilayah yang dibebaskan," ucapnya.

Kata-kata "wilayah yang dibebaskan" yang disinggung Putin dalam pernyataannya mengacu pada wilayah Ukraina yang kini sudah berada di bawah kontrol pasukan Rusia. Konflik Rusia-Ukraina sudah berlangsung selama tujuh bulan. Belum ada tanda-tanda kedua negara akan terlibat dalam negosiasi perdamaian maupun gencatan senjata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement