Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

3 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Timnas Siap Tempur, Setelah Juara AFF Kini Pede Arungi Kualifikasi Piala AFC U-17 2023

Kamis 29 Sep 2022 12:40 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih Timnas U16 Indonesia Bima Sakti diangkat oleh pemain dan official usai peluit panjang saat melawan Timnas U16 Vietnam pada Final Piala AFF U16 Putra di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022). Pada pertandingan Final AFF U16 Putra 2022 Timnas U16 Indonesia menjadi juara usai mengalahkan Timnas U16 Vietnam 1-0. Gol semata wayang dicetak oleh Kafiatur Rizky.

Pelatih Timnas U16 Indonesia Bima Sakti diangkat oleh pemain dan official usai peluit panjang saat melawan Timnas U16 Vietnam pada Final Piala AFF U16 Putra di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022). Pada pertandingan Final AFF U16 Putra 2022 Timnas U16 Indonesia menjadi juara usai mengalahkan Timnas U16 Vietnam 1-0. Gol semata wayang dicetak oleh Kafiatur Rizky.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Timnas segrup dengan Uni Emirat Arab, Palestina, Malaysia, dan Guam.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Timnas Indonesia U-16 tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di kota Bogor sebagai persiapan untuk menghadapi turnamen kualifikasi piala AFC U-17 2023. Tim asuhan Bima Sakti akan bersaing di Grup B untuk lolos ke putaran final. Mereka berada dalam satu grup dengan Uni Emirat Arab, Palestina, Malaysia, dan Guam.

Skuad Garuda Asia tentunya memiliki kepercayaan dari yang tinggi menyambut kualifikasi ini setelah sebelumnya mereka berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022. Selain itu, Iqbal Gwijangge dkk akan bermain dengan dukungan penuh dari suporter Indonesia karena seluruh pertandingan Grup B akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 1-9 Oktober 2022.

Baca Juga

Laga perdana timnas Indonesia U-17 adalah melawan Guam pada 3 Oktober 2022. Setelah itu, mereka berhadapan dengan Uni Emirat Arab di pertandingan kedua pada 5 Oktober 2022. Kemudian melawan Palestina pada 7 Oktober 2022, dan di laga pemungkas Grup B, Indonesia akan berhadapan dengan rival sesama Asia Tenggara, yaitu Malaysia pada 9 Oktober 2022.

Persiapan yang dilakukan oleh Garuda Asia sudah dimulai sejak awal bulan September ketika mereka menggelar TC di Yogyakarta pada sejak 5 September hingga 25 September 2022. Saat itu, Bima Sakti memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan. Tapi jumlah itu sudah berkurang dan kini tersisa 32 pemain yang mengikuti TC di kota hujan.

"Alhamdulillah tim U-16 sudah menuntaskan kegiatan seleksi pemain, sekaligus pemusatan latihan di Yogyakarta. Kini, mereka kembali mengadakan seleksi dan pemusatan latihan sebagai persiapan kualifikasi Piala AFC U-17 di kota Bogor," kata Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (29/9/2022).

Dari jumlah 32 pemain yang mengikuti TC di Kota Bogor tersebut, Persija Jakarta dan Borneo FC Samarinda menjadi penyumbang pemain terbanyak ke dalam skuad. Adapun empat pemain yang dipulangkan antara lain, Dimas Dinanda (Persis Solo), Radino Arsyad Avisyal (ASIOP DKI), Muhammad Ridho Pratama Supita (PSSA Asahan) dan Muhammad Bagus Cahaya Islami (Persib Bandung).

"Alhamdulillah kami bersyukur dan berterimakasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) karena kami telah difasilitasi lapangan latihan dan bisa melaksanakan pemusatan latihan sebagai persiapan untuk turnamen terdekat, yaitu kualifikasi Piala AFC U-17," kata Bima.

Bima berharap bisa kembali membentuk tim U-16 yang kuat. Seperti diketahui, pasukan Bima Sakti sebelumnya sukses menjuarai Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia tampil gemilang sejak di fase grup dengan memenangkan semua laga dan lolos sebagai juara dengan poin maksimal yakni 9 poin dari kemenangan atas Filipina, Singapura dan Vietnam.

Kemudian, pada laga semifinal, Indonesia menyingkirkan Myanmar lewat drama adu penalti. Puncaknya, Muhammad Iqbal Dwijangge dkk berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 pada partai final untuk mengklaim gelar juara. Keberhasilan itu mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak termasuk dari orang nomor satu di Indonesia, Presiden RI Joko Widodo. 

"Saya juga berharap bisa berbicara banyak di kualifikasi Piala AFC U-17 nanti," kata Bima.

 

 

32 Pemain Seleksi dan Pemusatan Latihan di Bogor:

 

 

1. Mohamad Andre Pangestu - Bali United FC.

 

2. I Komang Ananta Krisna Putra - Bali United FC.

 

3. Irvansyah Afanda - Bhayangkara FC.

 

4. Azzaky Esa Erlangga - Bhayangkara FC.

 

5. Muhammad Yanuar Sanusi Pallaraeng - Borneo FC.

 

6. Rizdjar Nurviat Subagia - Borneo FC.

 

7. Narendra Tegar Islami - Borneo FC.

 

8. Andrika Fathir Rachman - Borneo FC.

 

9. Muhammad Ridho Al Ikshan - Borneo FC.

 

10. Muhammad Kafiatur Rizky - Borneo FC.

 

11. Andhika Putra Setiawan - Borneo FC.

 

12. Femas Aprian Crespo - Persija Jakarta

 

13. Ibnu Yazid Al Mustaufiz - Persija Jakarta

 

14. Muhamad Sultan Akbar - Persija Jakarta

 

15. Waliy Marifat - Persija Jakarta

 

16. Jehan Pahlevi - Persija Jakarta

 

17. Figo Dennis Saputrananto - Persija Jakarta

 

18. Arkhan Kaka Putra Purwanto - Persis Solo

 

19. Arjuna Tri Wahyudi - PSM Makasar

 

20. Sulthan Zaky Pramana Putra Razak - PSM Makasar

 

21. Achmad Zidan Arrosyid - PSS Sleman

 

22. Fadel Ahmad Arrafi - PSS Sleman

 

23. Muhamad Gaoshirowi - Persib Bandung

 

24. Seva Ditya Rangga - Persib Bandung

 

25. M Iqbal Gwijangge - Bandung Pro United

 

26. Muhammad Afazriel - PPLP Sumut

 

27. Habil Abdillah Yafi' Prasasti Akbar - PPLP Jateng

 

28. Ikram Algiffari - PPLP Sumbar

 

29. Muhammad Nabil Asyura - PPLP Sumbar

 

30. Ji Da Bin - ASIOP DKI

 

31. Mokh Hanif Ramadhan - Cipta Cendekia

 

32. M. Riski Afrisal - Golden Soccer Blitar

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile