Jumat 30 Sep 2022 15:41 WIB

Tahun 2023 Program Pemberdayaan Masyarakat Jadi Agenda Unggulan Bakrie Amanah

UMKM akan mendapat fasilitas permodalan usaha tanpa bunga

Red: Hiru Muhammad
Sepanjang bulan September 2022, Bakrie Amanah fokuskan menyusun rencana program dan  anggaran biaya tahunan untuk agenda di tahun 2023. Perencanaan yang dibahas dalam Rapat Kerja Tahunan telah menetapkan program pemberdayaan masyarakat menjadi program unggulan tahun 2023.
Foto: istimewa
Sepanjang bulan September 2022, Bakrie Amanah fokuskan menyusun rencana program dan anggaran biaya tahunan untuk agenda di tahun 2023. Perencanaan yang dibahas dalam Rapat Kerja Tahunan telah menetapkan program pemberdayaan masyarakat menjadi program unggulan tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sepanjang bulan September 2022, Bakrie Amanah fokuskan menyusun rencana program dan  anggaran biaya tahunan untuk agenda di tahun 2023. Perencanaan yang dibahas dalam Rapat Kerja Tahunan telah menetapkan program pemberdayaan masyarakat menjadi program unggulan tahun 2023.  

Program pemberdayaan masyarakat dinilai sangat penting menjadi agenda unggulan mengingat kondisi ekonomi global yang saat ini sedang mengalami transisi pasca pandemik Covid-19. Melihat momentum pertumbuhan yang signifikan, seperti yang tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5.44 persen dan pada kuartal III 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi hingga 6 persen.

Baca Juga

Menurut General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan momentum peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia menjadi momentum yang baik juga bagi Bakrie Amanah untuk bisa berkontribusi dalam pemulihan perekonomian Indonesia di tahun 2023. Terlebih kondisi ekonomi dunia saat ini sedang berada dalam jurang resesi akibat dari dampak konflik dunia dan juga kebijakan zero-Covid di China yang menyebabkan Bank Sentral menaikan suku bunga yang cukup ekstrem.

"Alhamdulillah perekonomian Indonesia bisa mengalami pertumbuhan yang signifikan di tengah ancaman krisis ekonomi global. Tentu kondisi ini kami sebagai lembaga amil zakat terpanggil untuk ikut serta dalam perkuatan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, Bakrie Amanah berkomitmen turut berkotribusi dalam peningkatan ekonomi di Indonesia khususnya untuk sektor dan juga UMKM,"ujar Setiadi Ihsan.

Setiadi Ihsan juga menambahkan rencana Bakrie Amanah meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk UMKM melalui program pemberdayaan masyarakat diantaranya adalah program Amanah Fund, Upgrade UMKM dan juga Pemberdayaan di wilayah binaan Bakrie Amanah. 

Salah satu program unggulan di bidang Program Amanah Fund akan memfasilitasi UMKM untuk bisa mendapat pinjaman modal usaha tanpa bunga yang nantinya akan dikelola oleh lembaga keuangan mikro dengan konsep syariah Islam. Dampak yang diharapkan adalah para UMKM tidak perlu lagi untuk meminjam modal usaha dengan bunga yang mencekik. Dalam program pemberdayaan, Bakrie Amanah akan melakukan pendampingan usaha di wilayah pemberdayaan yang tengah berjalan dengan konsep integrase program yang disebut Kampung Makmur Bakrie Amanah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement