Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

3 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Minuman Herbal Penurun Kolesterol, Gampang Diracik!

Ahad 02 Oct 2022 18:00 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Bawang putih. Minuman herbal yang terbuat dari bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel tampak bisa membantu menurunkan kolesterol.

Bawang putih. Minuman herbal yang terbuat dari bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel tampak bisa membantu menurunkan kolesterol.

Foto: Flickr
Mudah dibuat di rumah, minuman herbal ini bisa bantu turunkan kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi bisa memicu terjadinya beberapa masalah kesehatan yang berat dan bahkan mematikan, seperti serangan jantung dan strok. Salah satu cara yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol adalah mengonsumsi sebuah minuman herbal yang bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Efektivitas minuman herbal ini dalam menurunkan kadar kolesterol diungkapkan oleh sebuah studi dalam Indonesian National Nutrition Journal pada 2020. Minuman herbal ini terbuat dari rebusan campuran lima bahan, yaitu bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel.

Baca Juga

"Tujuan dari studi ini adalah untuk menguji persepsi konsumen serta efek dari minuman campuran herbal terhadap profil lipid dari para konsumen yang mengidap hiperkolesterolemia," ungkap tim peneliti dalam jurnal tersebut, seperti dikutip dari Express, Ahad (2/10/2022).

Studi ini melibatkan 55 orang partisipan yang mengidap hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi. Selama enam bulan, para partisipan mengonsumsi minuman yang terbuat dari satu sendok campuran herbal, setidaknya sebanyak satu kali.

Para partisipan juga diminta untuk mengisi kuesioner mengenai kesehatan mereka. Tim peneliti lalu menggunakan data-data tersebut untuk dianalisis bersama dengan rmdata mengenai riwayat kesehatan para partisipan.

Persepsi konsumen terhadap aspek kesehatan menunjukkan bahwa 83,7 persen subjek mengalami penurunan kadar kolesterol setelah mengonsumsi minuman dari campuran lima herbal. Sedangkan persepsi emosional konsumen menunjukkan bahwa 90,9 persen subjek merasa lebih sehat dan bugar setelah mengonsumsi minuman campuran herbal.

Hasil dari rekam medis para partisipan juga menunjukkan hal serupa. Terlihat adanya penurunan pada angka total kolesterol, kolesterol LDL, dan trigloserdia setelah enam bulan mengonsumsi minuman campuran lima herbal.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile