Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

6 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

AHY: Koalisi Itu Penuh Misteri

Selasa 04 Oct 2022 07:21 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Foto: Partai Demokrat
Demokrat terus membuka ruang koalisi mengingat waktu pendaftaran capres masih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menerima berbagai pertanyaan terkait keputusan koalisi partainya untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Namun ia menyampaikan, hal-hal yang berkaitan dengan kerja sama politik tersebut masihlah misteri.

"Koalisi itu penuh dengan misteri, karena bukan hanya kita yang menentukan dan tidak semua dalam kendali kita, kita hanya bisa terus berikhtiar," ujar AHY dalam pidatonya di acara Pelantikan Ketua dan Pengurus DPC Partai Demokrat se-Jawa Tengah lewat video yang diterima Selasa (4/10).

Baca Juga

AHY bersama seluruh pengurus DPP Partai Demokrat disebutnya terus berusaha yang terbaik. Partai berlambang bintang mercy itu juga terus membuka ruang koalisi seperti yang diharapkan seluruh kadernya. "Waktunya masih cukup, karena pendaftaran itu akan terjadi di bulan September hingga Oktober 2023, tahun depan," ujar AHY.

Menurutnya, waktu untuk merumuskan koalisi untuk Pemilu 2024 masihlah sangat lama. Ia menghormati sikap partai politik lain yang sudah mendeklarasikan koalisinya untuk menghadapi kontestasi nasional. Termasuk Partai Nasdem yang telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden (capres). Ia mengungkapkan, pengumuman tersebut juga sudah dikomunikasikan oleh Partai Nasdem ke Partai Demokrat.

"Begitu pula sebaliknya mereka menghormati kedaulatan, proses dan mekanisme yang berlaku internal di Partai Demokrat, termasuk di PKS. Jadi sampai hari ini suasana dan kebersamaannya masih baik, tetapi sekali lagi kita masih sama-sama terus membangun komunikasi dan silaturahmi supaya ada kebersamaan-kebersamaan ke depan," ujar AHY.

Kendati demikian, ia meminta seluruh kader Partai Demokrat tak khawatir dengan belumnya pihaknya memutuskan untuk berkoalisi. Fokus partainya saat ini adalah meningkatkan elektabilitas para calon legislatif untuk menghadapi pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

"Dan semoga pada saatnya dan kami yakinkan pada saatnya kita juga akan mengumumkan sikap kita, seperti apa dan juga mengumumkan capres dan cawapres yang akan diusung oleh Partai Demokrat," ujar AHY.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile