Jumat 07 Oct 2022 09:19 WIB

Basmalah Jadi Penghalang Antara Jin dan Manusia Saat Memasuki Toilet 

Membaca basmalah dan doa sebelum masuk toilet sangat dianjurkan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Toilet umum (Ilustrasi). Membaca basmalah dan doa sebelum masuk toilet sangat dianjurkan.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Toilet umum (Ilustrasi). Membaca basmalah dan doa sebelum masuk toilet sangat dianjurkan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Dalam sejumlah riwayat disebutkan bahwa toilet adalah tempat yang paling disukai jin bahkan menjadi tempat tinggal jin. 

Namun demikian, pandangan jin akan terhalangi sehingga tidak bisa melihat manusia yang masuk ke dalam kamar mandi atau toilet manakala orang tersebut melafalkan basmalah. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits: 

Baca Juga

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ الرَّازِيُّ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ بَشِيرِ بْنِ سَلْمَانَ حَدَّثَنَا خَلَّادٌ الصَّفَّارُ عَنْ الْحَكَمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ النَّصْرِيِّ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ أَبِي جُحَيْفَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمْ الْخَلَاءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ 

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Humaid Ar Razi telah menceritakan kepada kami Al Hakam bin Basyir bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami Khallad As Shafar dari Al Hakam bin Abdullah An Nashri dari Abu Ishaq dari Abu Juhaifah dari Ali bin Abu Thalib radhiallahu'anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Penghalang antara pandangan mata jin dan aurat bani Adam ketika salah seorang kalian masuk ke toilet ialah dia membaca Bismillah." (HR Tirmidzi). 

Karena itu pentingnya membiasakan doa ketika akan masuk toilet. Rasulullah SAW  telah mengajarkan satu doa yang dapat diamalkan setiap Muslim ketika akan masuk toilet. 

Banyak orang menghafalnya sejak masih anak-anak akan tetapi banyak orang yang lupa ketika telah dewasa karena tidak pernah mengamalkannya. Atau bahkan sama sekali tidak mengetahui doa tersebut. Padahal doa ketika masuk toilet sangat penting.  

Berikut doa sebelum masuk toilet sebagaimana diajarkan Rasulullah seperti dapat ditemukan redaksi lengkapnya dalam kitab hadis Sunan Nasai nomor 19.  

   اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan setan laki-laki dan setan perempuan."     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement