Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Umat Lintas Agama Lakukan Doa Bersama di Stadion Kanjuruhan

Jumat 07 Oct 2022 16:11 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Friska Yolandha

Sejumlah umat Hindu melakukan tradisi ritual Pangruwating Bumi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Tradisi ritual tersebut dilakukan untuk mendoakan para korban tragedi Kanjuruhan serta memohon kepada Tuhan agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Sejumlah umat Hindu melakukan tradisi ritual Pangruwating Bumi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Tradisi ritual tersebut dilakukan untuk mendoakan para korban tragedi Kanjuruhan serta memohon kepada Tuhan agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Doa umat lintas agama digelar di depan patung singa di area Stadion Kanjuruhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sejumlah umat lintas agama melaksanakan doa bersama di Halaman Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (7/10/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan para korban tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (2/10/2022) malam.

Kasubag TU Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, Sonhaji menjelaskan, kegiatan ini pada dasarnya untuk menunjukkan rasa empati kepada para korban. "Khususnya untuk Aremania dan Aremanita yang kemarin menjadi korban,” kata Sonhaji kepada wartawan.

Baca Juga

Menurut Sonhaji, melaksanakan doa untuk seseorang yang telah meninggal dunia sangat penting. Sebab, hal tersebut bisa menjadi bekal untuk para korban tragedi Kanjuruhan. Sonhaji pun berharap para korban mendapatkan tempat terbaik di sisi Sang Maha Kuasa.

Sebagai informasi, kata Sonhaji, kegiatan ini dihadiri enam umat agama di sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim). Ada pun keenam agama tersebut antara lain Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Ia berharap, doa bersama tersebut bisa diikuti oleh umat lintas agama yang ada di wilayah lain, baik di Jatim maupun lainnya.

Doa umat lintas agama digelar di depan patung singa di area Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Untuk ritual keagamaan lain seperti Hindu dan Budha tetap akan dilanjutkan sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Selain itu, masyarakat juga masih banyak yang mengunjungi Pintu Stadion Kanjuruhan Nomor 13. Sebagian besar mereka mendoakan kerabat atau keluarga yang meninggal dunia akibat tragedi Kanjuruhan. Seperti diketahui, pintu tersebut paling banyak menelan korban meninggal dunia.

photo
Sejumlah anggota komunitas lintas agama menaburkan bunga usai doa bersama di tugu singa Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Doa bersama tersebut dilakukan untuk mendoakan 131 korban meninggal dunia saat tragedi Kanjuruhan. - (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit telah mengumumkan enam tersangka yang bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan.  Jumlah ini kemungkinan besar bisa bertambah ke depannya.

Pria yang disapa Sigit ini mengatakan, timnya akan terus bekerja maksimal. Sebab itu, dia berpendapat kemungkinan akan ada penambahan pelaku apakah itu pelaku pelanggar etik, maupun terkait pelanggaran pidana. "Jadi kemungkinan masih bisa bertambah dan tim masih terus bekerja," kata Sigit kepada wartawan di Mapolresta Malang Kota (Makota), Kamis (6/10/2022) malam.

Ada pun enam orang yang telah ditetapkan tersangka terdiri atas unsur Polri dan eksternal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile