Selasa 18 Oct 2022 07:04 WIB

BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrim di Beberapa Wilayah di Indonesia, Termasuk Jawa Barat

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem yaitu hujan lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang akan terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat.

Rep: Mia Nala/ Red: Partner
.
Foto: network /Mia Nala
.

BMKG prediksi cuaca ekstrim di beberapa wilayah di Indonesia (Republika)
BMKG prediksi cuaca ekstrim di beberapa wilayah di Indonesia (Republika)

ruzka.republika.co.id-- Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem yaitu hujan lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang akan terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat.

Provinsi di Indonesia berikut hari ini berada dalam kategori Siaga terhadap bencana hidrometeorologi, berdasarkan peringatan dini cuaca hari ini hujan lebat dari BMKG:

Jawa Barat

Jawa Timur

Jawa Tengah

Provinsi di Indonesia berikut hari ini berada dalam kategori Waspada terhadap bencana hidrometeorologi, berdasarkan peringatan dini cuaca hari ini hujan lebat dari BMKG:

Aceh

Sumatra Utara

Jambi

Sumatra Selatan

Bengkulu

Lampung

Kepulauan Riau

Banten

DKI Jakarta

D.I. Yogyakarta

Bali

Nusa Tenggara Barat

Kalimantan Barat

Kalimantan Tengah

Kalimantan Timur

Kalimantan Selatan

Kalimantan Utara

Sulawesi Selatan

Sulawesi Barat

Papua

Peringatan dini cuaca hari ini hujan lebat dari BMKG, dengan beberapa provinsi di Indonesia berada dalam status Siaga dan Waspada terhadap bencana.

Karena itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bencana alam yang terjadi akibat cuaca ekstrem. Antara lain, hujan disertai angin kencang, banjir hingga tanah longsor seperti yang terjadi sepekan terakhir di sejumlah wilayah di Jabar. (Mia Nala)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement