Rabu 26 Oct 2022 18:15 WIB

Lomba Musikalisasi Puisi dan Stand Up Comedy Lahirkan SDM yang Kuat dalam Literasi

MGMP Bahasa Indonesia dan Universitas BSI kampus Sukabumi menggelar lomba

Red: Christiyaningsih
MGMP Bahasa Indonesia bekerja sama dengan Universitas BSI menyelenggarakan lomba.
Foto: UBSI
MGMP Bahasa Indonesia bekerja sama dengan Universitas BSI menyelenggarakan lomba.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia bekerja sama dengan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi menyelenggarakan Lomba Musikalisasi Puisi dan Lomba Stand up Comedy tingkat kabupaten Sukabumi. Lomba yang mengambil tema Menyongsong Masa Depan Bangsa dengan Penguatan Bahasa, Sastra, dan Budaya ini digelar pada Kamis (20/10/2022). 

Jujum Juaeni selaku staf ahli Bupati bidang SDM menjelaskan tentang uniknya lomba yang diadakan oleh MGMP ini. SMK identik dengan kompetensi, tapi lomba musikalisasi puisi dan stand up komedi menjadi sebuah terobosan baru. 

Baca Juga

“Kegiatan lomba yang yang dilaksanakan oleh MGMP yang bekerja sama dengan Universitas BSI memiliki hal yang unik. Hal ini tidak terlepas dari peran SMK yang diharapkan dapat menghasilkan komika baru,”  kata Jujum, Senin (24/10/2022).

Kepala Cabang Dinas Wilayah V Provinsi Jawa Barat Nonong Winami memberikan  dukungan penuh untuk kegiatan-kegiatan positif seperti ini. “Lomba musikalisasi puisi dan stand up komedi tidak hanya memberikan arti budaya dan seni bagi anak-anak SMK khususnya kabupaten Sukabumi tapi juga dapat  mengenal keterampilan dan pengetahuan dalam bidang bahasa,” jelasnya. 

Di sisi lain Rektor Universitas BSI yang diwakili oleh Jamal Maulana Hudin selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Sukabumi menyambut baik kegiatan lomba kerja sama antara Universitas BSI dan MGMP. Event ini sekaligus sebagai salah satu bentuk silaturahmi antara lembaga kampus dan sekolah.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini. Dengan mengikuti lomba ini tidak hanya bisa belajar menjadi komika tapi juga menambah pengetahuan baru,” ujarnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan di dua ruangan. Lomba musikalisasi puisi diadakan di aula dan lomba stand up comedy di ruangan baca perpustakaan. Dalam acara tersebut hadir perwakilan dari 37 sekolah seluruh Kabupaten Sukabumi yang turut memeriahkan acara sebagai peserta lomba. 

“Juara 1 lomba musikalisasi puisi di raih oleh SMKN 1 Surade, juara 2 diraih oleh SMKN Gunung Guruh, kemudian juara 3 SMKN 1 Sagaranten. Selanjutnya, juara 1 stand up comedy diraih oleh SMKN 1 Surade, juara 2 SMK Bhakti Kencana, juara 3 SMK Plus Al-Farhan,” kata Jamal.

Jamal berharap acara ini menjadi kegiatan dan agenda rutin MGMP serta menjadi batu loncatan bagi peserta untuk mengikuti kegiatan berikutnya pada tingkat provinsi. “Semoga ke depannya acara serupa dapat terus dilaksanakan secara rutin sehingga dapat menambah pengalaman peserta lomba. Peserta lomba dari para perwakilan sekolah sangat positif dalam mengikuti acara tersebut,” tutupnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement