Kamis 08 Dec 2022 15:33 WIB

Survei Poltracking: Masyarakat Paling Puas dengan Kinerja Erick Thohir dan Prabowo

Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan pertemuan di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Foto: Dok. Kemenhan RI
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan pertemuan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kinerja Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam mentransformasi BUMN mendapat apresiasi dari masyarakat. Hal ini tergambar dalam hasil survei nasional Poltracking Indonesia pada Kamis (8/12/2022). Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR

mengatakan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick sangat tinggi. Mantan Presiden Inter Milan tersebut menempati posisi kedua setelah Menteri Pertahanan Prabowo.

Baca Juga

"Kepuasan terhadap kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 61,4% diikuti Menteri BUMN Erick Thohir yang sebesar 59,4%," ujar Hanta dalam jumpa pers hasil survei nasional Poltracking Indonesia di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Hanta menyampaikan tingkat kepuasan tersebut lebih tinggi daripada kinerja menteri lain yang berada di bawah 55 %. Selain Pranowo dan Erick, Hanta menyebut nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dengan 57,7%, dan Panglima TNI Andika Perkasa sebesar 56,9% yang masuk dalam empat besar menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi.

Hanta mengatakan survei nasional ini digelar pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih. 

Hanta menyebut metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat. Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara 

mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa/kelurahan terpilih.

"Maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan memotret kehidupan ekonomi politik nasional," ucap dia.

Hanta mengatakan, hasil survei juga memberikan gambaran terkait peningkatan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo- Ma’ruf Amin yang mencapai 73,2%. Menurut Hanta, tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo - Ma’ruf Amin sempat mengalami fluktuasi, tetapi sepanjang 2022 relatif terus mengalami peningkatan, seperti terlihat dalam tren temuan survei Poltracking, pada Mei (59.6%), Agustus (66.2%) dan November (73.2%). 

"Kenaikan ini, setidaknya dijelaskan oleh temuan penilaian positif (puas) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Ma’ruf Amin paling banyak karena program bantuan pemerintah (23.4%) & pembangunan proyek nasional (9.7%)," kata Hanta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement