Kamis 15 Dec 2022 09:38 WIB

83 Persen UMKM Nasional Bergantung Pada Digitalisasi

Kementerian Koperasi dan UKM RI mengungkapkan 83 persen UMKM di Indonesia bergantung pada digitalisasi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Partner
.
Foto: network /Rahma Sulistya
.

Dok GoBiz
Dok GoBiz

Agar mampu terus bersaing, transformasi digital kian penting untuk dilakukan pegiat UMKM, terutama dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Per Oktober 2022, Kementerian Koperasi dan UKM RI mengungkapkan 83 persen UMKM di Indonesia bergantung pada digitalisasi.

“Dan terdapat 20,5 juta UMKM telah go-digital, hal ini membuktikan pentingnya peran platform digital terhadap perkembangan UMKM, khususnya ketika pandemi Covid-19 melanda,” ungkap Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Christina Agustin, dalam peluncuran virtual #JalanPinterJualan GoBiz, Rabu (14/12/2022).

Meski World Economic Forum 2021 membahas terkait pendapatan UMKM yang tergerus hingga 80 sampai 90 persen saat pandemi karena kurangnya kapasitas manajemen bisnis, nyatanya platform digital banyak berperan membantu UMKM.

Salah satunya adalah platform GoBiz, aplikasi dengan ragam solusi usaha dari Gojek yang konsisten mendukung UMKM di bidang kuliner, khususnya dalam menghadapi pandemi melalui pengembangan bisnis secara digital.