Rabu 21 Dec 2022 06:12 WIB

100.000 Spesialis IT Telah Meninggalkan Rusia

Karyawan IT yang meninggalkan Rusia tetap bekerja dari jarak jauh.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Komputer (ilustrasi). Sekitar 100.000 tenaga ahli atau spesialis IT telah meninggalkan Rusia tahun ini, menyusul dimulainya operasi militer Moskow di Ukraina pada 24 Februari lalu.
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Komputer (ilustrasi). Sekitar 100.000 tenaga ahli atau spesialis IT telah meninggalkan Rusia tahun ini, menyusul dimulainya operasi militer Moskow di Ukraina pada 24 Februari lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sekitar 100.000 tenaga ahli atau spesialis IT telah meninggalkan Rusia tahun ini, menyusul dimulainya operasi militer Moskow di Ukraina pada 24 Februari lalu. Anak-anak muda Rusia berbondong-bondong meninggalkan negara itu, terutama mereka yang bekerja di sektor IT.

Hal tersebut memicu kekhawatiran terjadi brain drain. Beberapa bulan kemudian, pemerintah Rusia pengumuman wajib militer bagi warganya yang memenuhi syarat. Wajib militer ini merupakan bagian dari mobilisasi pasukan cadangan untuk dikerahkan dalam perang di Ukraina. Pengumuman ini memicu kaum muda Rusia, terutama para pria melarikan diri ke negara tetangga.

Baca Juga

“Hingga 10 persen karyawan perusahaan IT telah meninggalkan negara dan belum kembali.  Secara total, sekitar 100.000 spesialis IT berada di luar negeri,” kata Menteri Pengembangan Digital Rusia, Maksut Shadayev, dilaporkan Al Arabiya, Selasa (20/12/2022).

Menurut Shadayev, 80 persen karyawan perusahaan IT yang meninggalkan Moskow, tetap bekerja untuk perusahaan Rusia dari jarak jauh. Namun Shadayev tidak memberikan alasan para spesialis IT berbondong-bondong meninggalkan Rusia. Shadayev mengatakan, pemerintah tidak memberlakukan pembatasan ketat pada pekerjaan jarak jauh untuk menghindari mereka mencari pekerjaan di perusahaan asing.

Mayoritas orang Rusia yang melarikan diri telah tiba di negara tetangga, seperti Armenia, Georgia, dan Kazakhstan. Tetapi ada juga warga Rusia yang bepergian ke Turki dan Uni Emirat Arab. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖٓ اِذْ قَالُوْا مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ عَلٰى بَشَرٍ مِّنْ شَيْءٍۗ قُلْ مَنْ اَنْزَلَ الْكِتٰبَ الَّذِيْ جَاۤءَ بِهٖ مُوْسٰى نُوْرًا وَّهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُوْنَهٗ قَرَاطِيْسَ تُبْدُوْنَهَا وَتُخْفُوْنَ كَثِيْرًاۚ وَعُلِّمْتُمْ مَّا لَمْ تَعْلَمُوْٓا اَنْتُمْ وَلَآ اٰبَاۤؤُكُمْ ۗقُلِ اللّٰهُ ۙثُمَّ ذَرْهُمْ فِيْ خَوْضِهِمْ يَلْعَبُوْنَ
Mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya ketika mereka berkata, “Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang menurunkan Kitab (Taurat) yang dibawa Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan Kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu memperlihatkan (sebagiannya) dan banyak yang kamu sembunyikan, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang tidak diketahui, baik olehmu maupun oleh nenek moyangmu.” Katakanlah, “Allah-lah (yang menurunkannya),” kemudian (setelah itu), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.

(QS. Al-An'am ayat 91)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement