Sabtu 24 Dec 2022 12:38 WIB

BioNTech Mulai Uji Coba Vaksin Malaria

Vaksin itu pada akhirnya akan dipasok ke seluruh benua Afrika.

Red: Ani Nursalikah
 Tampak luar logo di gedung perusahaan biofarmasi BioNTech di Idar-Oberstein, Jerman, 16 Desember 2020. BioNTech Mulai Uji Coba Vaksin Malaria
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Tampak luar logo di gedung perusahaan biofarmasi BioNTech di Idar-Oberstein, Jerman, 16 Desember 2020. BioNTech Mulai Uji Coba Vaksin Malaria

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Perusahaan yang didirikan para imigran Jerman keturunan Turki dan dikenal dengan produksi vaksin Covid-19, BioNTech mengumumkan mulai melakukan uji klinis vaksin malaria, Jumat (23/12/2022).

Perusahaan melalui pernyataan mengatakan uji coba tahap 1 vaksin BNT165b1 akan melibatkan sekitar 60 partisipan sehat, yang belum pernah terinfeksi malaria, di sejumlah lokasi di seluruh Amerika Serikat. Partisipan akan diujicoba pada tiga level dosis berbeda.

Baca Juga

Pendiri BioNTech Ozlem Tureci menggarisbawahi tujuan pengembangan vaksin berbasis-mRNA adalah agar dapat membantu orang mencegah malaria dan risiko kematian. "Inisiasi uji coba menjadi tonggak penting dalam upaya kami membantu mengatasi penyakit dengan kebutuhan medis tinggi yang belum terpenuhi," ujarnya.

Menurut pernyataan tersebut, program vaksin malaria bertujuan mengembangkan vaksin mRNA yang sangat efektif dan dapat diterima dengan baik, dengan imunitas perlindungan yang tahan lama untuk mencegah infeksi malaria tahap darah. Vaksin itu pada akhirnya akan dipasok ke seluruh benua Afrika.

"Pembuatan kontainer untuk BioNTech pertama di Eropa sudah rampung dan kini sedang disiapkan pengiriman untuk ke Kigali, Rwanda, yang diperkirakan akan tiba pada kuartal pertama 2023," katanya.

Pihak perusahaan mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada lebih dari 247 juta kasus malaria dan 619 ribu kematian karena penyakit itu selama 2021, mayoritas di sub-Sahara Afrika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement