Senin 02 Oct 2023 18:36 WIB

Ilmuwan yang Kembangkan Vaksin mRNA Covid-19 Raih Hadiah Nobel Bidang Kedokteran

Ilmuwan tersebut adalah Katalin Kariko dan Drew Weissman.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA (ilustrasi). Dua ilmuwan yang mengembangkan vaksin mRNA yang efektif melawan Covid-19 memenangkan hadiah Nobel bidang kedokteran.
Foto: EPA-EFE/BIONTECH SE
Vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA (ilustrasi). Dua ilmuwan yang mengembangkan vaksin mRNA yang efektif melawan Covid-19 memenangkan hadiah Nobel bidang kedokteran.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Dua ilmuwan memenangkan hadiah Nobel di bidang kedokteran atas penemuan yang memungkinkan pengembangan vaksin mRNA yang efektif melawan Covid-19. Kedua ilmuwan yang menerima Hadiah Nobel pada Senin (2/10/2023) itu adalah Katalin Kariko dan Drew Weissman.

Kariko adalah profesor di Universitas Sagan di Hungaria dan asisten profesor di Universitas Pennsylvania. Sementara Weissman melakukan penelitian yang memenangkan hadiah bersama dengan Kariko di Universitas Pennsylvania. Sekretaris Majelis Nobel, Thomas Perlmann mengumumkan penghargaan tersebut pada Senin di Stockholm.

Baca Juga

Pengumuman Hadiah Nobel akan dilangsungkan selama enam hari berturut-turut. Pada Selasa (3/10/2023) aka diumumkan Hadiah Nobel di bidang fisika, kemudian di bidang kimia pada Rabu (4/10/2023), dan sastra pada Kamis (5/10/2023). Sementara Hadiah Nobel Perdamaian akan diumumkan pada Jumat (6/10/2023), dan penghargaan ekonomi pada Senin pekan depan yaitu 9 Oktober.

Tahun lalu, Hadiah Nobel dalam bidang fisiologi atau kedokteran dimenangkan oleh ilmuwan Swedia, Svante Paabo. Paabo meraih Hadiah Nobel atas penemuan evolusi manusia yang mengungkap rahasia DNA Neanderthal yang memberikan wawasan penting tentang sistem kekebalan tubuh kita, termasuk kerentanan terhadap Covid-19.

Penghargaan tersebut merupakan yang kedua dalam keluarga Paabo. Sebelumnya ayah Paabo, Sune Bergstrom, memenangkan Hadiah Nobel bidang kedokteran pada 1982.

Pemenang Hadiah Nobel mendapatkan uang tunai 11 juta kronor Swedia atau 1 juta dolar AS. Uang tersebut berasal dari warisan pencipta penghargaan itu yaitu Alfred Nobel A salah Swedia yang meninggal pada 1896.

Hadiah uang tersebut dikumpulkan sebesar 1 juta kronor tahun ini karena anjloknya nilai mata uang Swedia. Para pemenang diundang untuk menerima penghargaan mereka dalam upacara pada 10 Desember atau bertepatan dengan hari peringatan kematian Nobel.  Hadiah bergengsi perdamaian diserahkan di Oslo, sedangkan upacara penghargaan lainnya diadakan di Stockholm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement