Sabtu 31 Dec 2022 13:51 WIB

Drama Korea dengan Rating Tertinggi Selama 2022

Tren drama Korea semakin meningkat sejak kehadiran platform streaming.

Red: Qommarria Rostanti
Drama Korea yang dirilis pada tahun ini dan berhasil memperoleh rating atau peringkat pemirsa tertinggi versi Nielsen Korea. Salah satunya drama berjudul Twenty-Five Twenty-One. (ilustrasi)
Foto: tvN
Drama Korea yang dirilis pada tahun ini dan berhasil memperoleh rating atau peringkat pemirsa tertinggi versi Nielsen Korea. Salah satunya drama berjudul Twenty-Five Twenty-One. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Drama Korea (drakor) menjadi salah satu jenis tayangan serial televisi yang selalu dinanti-nantikan setiap tahunnya oleh penonton dan penggemar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tren drama Korea semakin meningkat, apalagi sejak kehadiran beragam platform streaming yang memungkinkan tayangan asal Korea Selatan itu tersebar dan populer di berbagai negara.

Berikut rangkuman lima drama Korea yang dirilis pada tahun ini dan berhasil memperoleh rating atau peringkat pemirsa tertinggi versi Nielsen Korea. Daftar berikut diurutkan berdasarkan waktu penayangan perdana drama Korea:

Baca Juga

1. "Twenty-Five Twenty-One"

photo
Drama Twenty FiveTwenty One. - (tvN)

 

Drama yang dibintangi oleh Kim Tae-ri dan Nam Joo-hyuk ini menjadi populer berkat sentuhan nuansa dan nostalgia era 1990-an Korea yang ditampilkan, lengkap dengan bumbu romansa dan perjuangan mencapai mimpi di masa muda. "Twenty One Twenty Five" tayang perdana di tvN pada 12 Februari 2022 dengan total 16 episode yang berakhir pada 3 April 2022. Drama ini juga tersedia untuk streaming di Netflix. Menurut Nielsen Korea, "Twenty-Five Twenty-One" mencapai rating nasional dengan rata-rata 9,63 persen.

2. "Our Blues"

photo
Drama Our Blues. - (tvN)

 

Drama "Our Blues" menawarkan kumpulan cerita orang-orang yang tinggal di Pulau Jeju, dengan kisah pahit-manis kehidupan hingga bagaimana mereka memaknai kebahagiaan serta cinta. Melalui penggambaran latar tempat, rasa rindu penonton dengan suasana pedesaan di Korea pun dapat terbayar.

"Our Blues" dimeriahkan oleh bintang papan atas seperti Lee Byung-hun, Shin Min-a, Cha Seung-won, Lee Jung-eun, Uhm Jung-hwa, Han Ji- min, dan Kim Woo-bin. Drama ini tayang pada 9 April hingga 12 Juni 2022 di tvN serta tersedia di Netflix dengan 20 episode. Drama "Our Blues" menembus rating nasional dengan rata-rata 9,95 persen menurut Nielsen Korea.

3. "Extraordinary Attorney Woo"

photo
Drama Extraordinary Attorney Woo. - (Netflix)

 

Drama "Extraordinary Attorney Woo" mengundang popularitas berkat penampilan karakter unik yang dimainkan Park Eun-bin sebagai pemeran utama. Karakter Woo Young-woo mengidap gangguan spektrum autisme tetapi memiliki kemampuan luar biasa terutama dalam menjalankan profesinya sebagai pengacara.

Drama ini ditayangkan di ENA pada 29 Juni hingga 18 Agustus 2022 dan tersedia untuk streaming di Netflix. "Extraordinary Attorney Woo" dikabarkan akan dilanjutkan dengan musim kedua pada 2024. Menurut Nielsen Korea, drama ini telah menembus rating nasional dengan rata-rata 10,93 persen.

4. "Under the Queen's Umbrella"

photo
Drama Under the Queens Umbrella. - (tvN)

 

Ditayangkan pada 15 Oktober hingga 4 Desember 2022, drama "Under the Queen's Umbrella" mengambil latar di masa dinasti Joseon. Drama ini menyuguhkan cerita bagaimana seorang ibu, yang sekaligus merupakan seorang ratu, melewati dinamika dalam mendidik anak-anaknya yang dikenal sebagai pembuat onar untuk menjadi pangeran.

"Under the Queen's Umbrella" tayang di tvN dan tersedia untuk streaming di Netflix. Drama ini berhasil meraih rating nasional dengan rata-rata 16,8 persen menurut Nielsen Korea.

5. "Reborn Rich"

photo
Drama Reborn Rich. - (JTBC)

 

"Reborn Rich" merupakan drama comeback Song Joong-ki setelah memerankan karakter mafia pada tahun lalu. Dalam drama ini, aktor itu memainkan peran ganda yakni sebagai Yoon Hyun-Woo, seorang sekretaris yang dibunuh keluarga chaebol dalam kasus penggelapan.

Kemudian, dia bereinkarnasi sebagai Jin Do-joon, anak bungsu keluarga tersebut. Yoon Hyun-Woo menggunakan kesempatan reinkarnasi itu untuk membalas dendam masa lalunya.

"Reborn Rich" mencuri perhatian banyak penggemar selain karena bertabur bintang besar, drama ini menyuguhkan alur cerita dengan plot twist yang sulit ditebak sehingga penonton semakin penasaran setiap menyelesaikan episode demi episode. Drama "Reborn Rich" tayang di JTBC dari 18 November hingga 25 Desember 2022. Selain itu, juga tersedia untuk streaming di TVING, Netflix, dan Disney+ di Korea Selatan, serta di Viu dan Viki di wilayah tertentu termasuk di Indonesia. Berdasarkan Nielsen Korea, drama ini mencapai rating nasional dengan rata-rata 17,3 persen.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement