Rabu 04 Jan 2023 16:02 WIB

WhatsApp Berhenti Beroperasi pada 49 Smartphone Ini, Berikut Daftarnya

Jika masuk dalam daftar, pengguna tidak dapat pembaruan WhatsApp lagi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi WhatsApp tidak lagi bisa beroperasi di sejumlah ponsel.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Aplikasi WhatsApp tidak lagi bisa beroperasi di sejumlah ponsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Aplikasi pesan instan WhatsApp meluncurkan fitur dan pembaruan baru setiap bulan untuk meningkatkan antarmuka pengguna, privasi, dan mengikuti teknologi sistem operasi terbaru. Smartphone Android dan iOS sering mendapatkan pembaruan sistem baru dan perbaikan bug untuk beradaptasi dengan versi sistem operasi yang lebih baru di Android, iOS, dan bahkan versi desktop.

Seiring dengan pembaruan baru untuk OS yang lebih baru, WhatsApp juga menghapus dukungannya dari OS lama atau usang, sehingga dapat berfokus hanya pada teknologi baru. Pada akhir 2022, platform milik Meta itu mengumumkan berhenti merilis pembaruan baru untuk lebih dari 49 ponsel pintar yang mencakup perangkat Android dan iOS.

Baca Juga

Sejak 31 Desember, WhatsApp tidak lagi mendukung OS usang. Begitu banyak pengguna yang masih menggunakan OS lama tidak dapat memperbarui WhatsApp dengan pembaruan baru dan. Pada akhirnya, aplikasi tersebut akan berhenti berfungsi di ponsel cerdas mereka.

"Jika kami berhenti mendukung sistem operasi Anda, Anda akan diberi tahu dan diingatkan beberapa kali untuk memutakhirkan perangkat Anda untuk terus menggunakan WhatsApp,” tulis WhatsApp di blognya dilansir India Today.