Kamis 05 Jan 2023 13:49 WIB

Pemprov Bengkulu Siapkan Rp 190 Miliar untuk Pengembangan Pulau Enggano

Kemenhub mendorong akses transportasi di Pulau Enggano setara dengan daratan Bengkulu

Red: Nidia Zuraya
Peta Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar Bengkulu.
Foto: foto istimewa
Peta Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar Bengkulu.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BENGKULU -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menyiapkan anggaran sebesar Rp 190 miliar untuk pembangunan dan pengembangan akses transportasi pelabuhan di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. "Pemerintah bersama dengan Kementerian Perhubungan telah melakukan rapat khusus terkait resolusi penyelesaian pengembangan Pulau Enggano," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Kota Bengkulu, Kamis (5/1/2023).

Ia menyebutkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong agar akses transportasi di Pulau Enggano setara dengan daratan Bengkulu. Selain itu, lanjutnya, pembangunan jalan Trans Enggano dengan panjang 32,8 kilometer dengan tujuh jembatan saat ini masih berlanjut dan ditargetkan selesai pada 2024.

Baca Juga

Dengan adanya pengembangan jalan dan pelabuhan tersebut ia mengharapkan masyarakat yang berada di pulau terluar Bengkulu, seperti Enggano, dapat menikmati akses transportasi yang setara dengan wilayah lainnya."Untuk anggaran yang disiapkan sebesar Rp190 miliar dan dana pembangunan tersebut hingga 2024," ujar Gubernur Rohidin.

Pembangunan Trans Enggano Banjarsari-Malakoni-Kayu Apuh dengan panjang 32 kilometer dan tujuh jembatan di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, merupakan Program Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan oleh Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu dengan total anggaran Rp174 milliar. Dalam pembangunan ruas jalan tersebut, Gubernur Rohidin meminta agar bahan bangunan seperti pasir, batu dan kerikil, menggunakan produk lokal melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) gunamembantu peningkatanperekonomian masyarakat di Pulau Enggano.

Ia juga memastikan sinyal berstandar 4G di Pulau Engano telah masuk dan Pulau Engano tidak menjadi daerah blank spotagarpara pengunjung dan wisatawan lokal maupun manca negara dapat berkunjung ke pulau tersebut secara leluasa tanpa khawatir tidak ada sinyal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement