Sabtu 07 Jan 2023 03:51 WIB

Pelatih Vietnam Enggan Bersalaman dengan Shin Tae-yong, Kenapa?

Park Hang-seo selalu menolak uluran tangan Shin Tae-yong sejak SEA Games 2021.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Vietnam Park Hang Seo saat pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 melawan Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Vietnam Park Hang Seo saat pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 melawan Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Vietnam Park Hang-seo enggan memberikan alasan kenapa menolak bersalaman dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong setelah pertandingan leg pertama semifinal Piala FF 2022. Kedua pelatih asal Korea Selatan itu sudah beberapa kali berhadapan sejak menangani Vietnam dan Indonesia, tapi Park selalu menolak uluran tangan Shin Tae-yong sejak SEA Games 2021.

"Ini hal pribadi, tetapi kenapa kamu tanya di sini? Ya memang ada beberapa alasan pribadi kenapa saya lama tidak jabat tangan dengannya," kata Park Hang-seo usai pertandingan Indonesia kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023).

Baca Juga

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Ini menambah catatan gagal menang Shin Tae-yong atas tim asuhan Park Hang-seo. Tensi permainan kedua tim memang selalu tinggi di berbagai ajang. Namun Shin Tae-yong tetap melakukan hal yang biasa dilakukan oleh pelatih pada umumnya, yakni saling berjabat tangan.

Shin pun tidak mengerti kenapa uluran tangannya tidak disambut oleh Park Hang-seo. "Tanyakan saja kepadanya," kata Shin.

Hasil imbang ini menambah catatan buruk STY yang kembali gagal menaklukkan tim asuhan Park Hang-seo. Dalam empat pertemuan sebelumnya di semua ajang, Vietman asuhan Park Hang-seo belum pernah terkalahkan oleh Indonesia asuhan Shin Tae-yong. 

Laga tersebut antara lain pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia kalah 1-3 dan 0-4 dari Vietnam. Sementara di Piala AFF 2020 kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0. Selain itu, di level umur Indonesia juga kalah 0-3 di SEA Games 2021. 

Selanjutnya, Indonesia akan bertandang ke markas Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2023, Senin (9/1/2023). Dalam regulasi, hasil imbang dengan skor 1-1 atau lebih sudah cukup bagi Indonesia untuk melaku ke babak final. Namun tentu saja kemenangan menjadi target utama Shin Tae-yong. 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement