Sabtu 14 Jan 2023 10:50 WIB

RSUD Kanjuruhan Miliki Instalasi Dianalisis untuk Penyakit Katastropik

Fasilitas penunjang RSUD Kanjuruhan resmi dimanfaatkan serelah dapat izin Kemenkes.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi RSUD Kanjuruhan.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Ilustrasi RSUD Kanjuruhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- RSUD Kanjuruhan Malang kini telah memiliki instalasi dialisis untuk layanan penanganan empat jenis penyakit katastropik atau penyakit berat/parah dengan kondisi akut, seperti gangguan jantung, stroke, ginjal serta kanker.

Fasilitas penunjang itu resmi dioperasionalkan setelah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan untuk diterapkan di RSUD Kanjuruhan Malang.

"Ini merupakan ikhtiar sekaligus komitmen kami dalam penyediaan layanan kesehatan paripurna di RSUD Kanjuruhan," ucap Direktur RSUD Kanjuruhan, dr. Bobi Prabowo, Sp.Em, KEC, M.Biomed di Malang, Sabtu.

Ia mengungkapkan, proses untuk penyediaan sarana dialisis yang sarat teknologi modern bidang kesehatan ini cukup panjang.

Pemkab Malang bahkan memberi dukungan penuh terhadap ikhtiar RSUD Kanjuruhan yang berlokasi di Kota Kepanjen, Malang ini untuk melengkapi dan memodernisasi sarana dan prasarana penunjang medik, agar dokter bersama seluruh tenaga kesehatan maupun non tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit daerah ini bisa bekerja optimal.

Masyarakat yang berobat juga mendapat pelayanan kesehatan paripurna, dengan biaya terjangkau di semua lapisan kelas ekonomi. Baik kelompok ekonomi menengah ke atas maupun masyarakat miskin atau prasejahtera.

"Unit Instalasi Dialisis ini merupakan perintah langsung dari Bupati Malang dan Kementerian Kesehatan," kata Bobi.

Dan setelah sarana dialisis tersedia berikut SDM nakes yang mengoperasikan dinyatakan siap, layanan ini resmi mendapat izin dari Kemenkes untuk diterapkan di RSUD Kanjuruhan Malang secara penuh pada Kamis (13/1), bersamaan dengan seremoni peresmian sejumlah layanan baru di rumah sakit daerah milik Pemkab Malang itu.

"Dengan dibukanya layanan baru ini menjadi wujud komitmen kami untuk terus meningkatkan fasilitas guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Malang yang sehat dan makmur," ujar Bobi.

Bupati Malang H.M Sanusi pun memberi apresiasi tinggi atas beroperasinya sejumlah fasilitas layanan baru di RSUD Kanjuruhan, termasuk instalasi dialisis yang memiliki sarana penunjang medik modern tersebut.

"Di rumah sakit ini sudah ada fasilitas cathlab canggih dengan seri terbaru dan menjadi yang pertama serta satu-satunya yang didatangkan di Jawa Timur. Ini sungguh luar biasa, " apresiasi Sanusi saat peresmian.

"Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada RSUD Kanjuruhan yang terus melakukan peningkatan layanan dan inovasi tiada henti," lanjut dia.

Dengan adanya alat ini, Sanusi optimistis pelayanan terhadap pasien gangguan jantung dapat semakin cepat dan akurat.

Bersamaan dengan peresmian instalasi dialisis itu, RSUD Kanjuruhan juga meluncurkan sejumlah layanan baru untuk mengoptimalisasi layanan kesehatannya.

Mulai dari Lobby PAT (pelayanan administrasi terpadu), ruang bedah sentral (MOT), instalasi radiologi (Mamografi), serta instalasi pelayanan khusus (VIP B - Soekarno Hatta).

"Pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus diutamakan, tidak selamanya menghitung dari sisi bisnisnya saja, tapi bagaimana pelayanan kepada masyarakat semakin baik," ucap Bupati Sanusi menitip pesan.

"Semoga bisa memberikan pelayanan prima untuk masyarakat Kabupaten Malang yang memerlukan perawatan di RSUD Kanjuruhan ini," pungkas Sanusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement