Senin 16 Jan 2023 05:54 WIB

Tipe-Tipe Orang Narsis, Ada Jenis yang Sulit Dikenali

Ada dua jenis narsis yakni tipe muluk dan rentan. Apa bedanya?

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Jenis-jenis orang narsis. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Jenis-jenis orang narsis. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika orang berpikir tentang narsisisme, mereka biasanya membayangkan sosok yang suka menjadi pusat perhatian. Faktanya, ada jenis narsistik yang tingkahnya mungkin tampak lebih sulit dikenali. Narsisisme yang mereka miliki kurang terlihat oleh orang luar.

Seorang psikolog klinis di Dynamic State Behavioral Health, Michael Wusik, mengatakan bahwa salah satu ciri utama gangguan kepribadian narsistik (NPD) adalah memiliki rasa harga diri atau status yang tinggi. Tanda umum lainnya, yaitu merasa berhak, butuh pengakuan, memandang rendah orang lain sebagai "inferior", mengambil keuntungan dari orang, serta mengabaikan perasaan dan kebutuhan orang lain.

Baca Juga

Ada dua jenis narsistik, yakni narsis muluk dan narsis rentan. Tipe narsis muluk cenderung menampilkan sifat-sifat ini secara terbuka, sementara tipe narsis rentan cenderung lebih halus. Orang yang memiliki narsis rentan mungkin tampak pemalu.

Saat pertama kali bertemu dengan seorang narsis rentan, mereka mungkin tampak pemalu, tertutup, atau defensif. Meskipun mementingkan diri sendiri, mereka masih berpikir dirinya lebih baik dibandingkan yang lain.