Kamis 20 Dec 2012 20:47 WIB

Apa Sih Jaringan EVDO?

Red: M Irwan Ariefyanto
EVDO
Foto: telecomtalk.info
EVDO

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bagi sebagian orang, sekarang ini internet sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Banyak informasi yang bisa didapat melalui internet. Bisnis, mengunduh e-book, jejaring sosial semua bisa dilakukan. Permasalahannya apakah jaringan digunakan sudah memungkinkan kecepatan data yang tinggi. Pada jaringan CDMA teknologi EVDO adalah kecepatan tertingginya.

EVDO merupakan singkatan dari Evolution Data Optimized. Teknologi EVDO mengandalkan sinyal dari menara wireless. Jaringan EVDO sendiri diklasifikasikan kedalam beberapa bagian berkaitan dengan standar revisinya.  EVDO Rev O, EVDO Rev A dan EVDO Rev B. Semakin tinggi standar revisinya semakin tinggi kecepatanya.

EVDO Rev 0 (Evolution-Data Optimized) generasi pertama dari EVDO. Kecepatan Download hanya up to 2 Mbps dalam lingkungan mobile.  EVDO Rev A adalah perkembangan dari EVDO Rev O. Kecepatan mengunduh dan menggunggahnya semakin tinggi. EVDO Rev A sudah memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan telepon seperti suara dan videocall. Layanan ini dengan memanfaatkan jaringan IP (Internet Protocol). Karena itu, pemakaian jakur suara tidak akan berpengaruh pada kecepatan akses data.

EVDO Rev B perkembangan lanjutan dari EVDO Rev A. Jaringan EVDO Rev B merupakan bagian pengembangan CDMA2000. Di jaringan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses konten multimedia. Dan tingkat kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan generasi sebelumnya.Teknologi EVDO sudah banyak diadopsi oleh provider di Indonesia. Salah satunya adalah Smartfren. Modem USB Smartfren tersedia dalam EVDO rev.A dengan kecepatan download up to 3.1Mbps dan kecepatan upload up to 1.8 Mbps. Sedangkan EVDO  Rev. B memiliki kecepatan download up to 14.7Mbps dan upload up to 5.4 Mbps.

Penulis: Muhammad Irfan Nofa (Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Trisakti)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement