Selasa 17 Jan 2023 17:41 WIB

PM Bangladesh Resmikan 50 Model Masjid Tahap Dua

50 model masjid tahap dua diresmikan PM Bangladesh.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Masjid 60 Kubah di Kota Masjid di selatan Bangladesh, Bagerhat yang berada di pesisir terancam perubahan iklim.
Foto: Wikimedia Commons
Masjid 60 Kubah di Kota Masjid di selatan Bangladesh, Bagerhat yang berada di pesisir terancam perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID,DHAKA — Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina hari ini meresmikan lebih dari 50 model masjid dan pusat kebudayaan Islam di negara tersebut. Dia membuka model masjid secara virtual dari kediaman resminya di Ganahaban. 

 Dengan membukanya di tahap kedua, perdana menteri sejauh ini meresmikan 100 masjid dari rencana awal 564 masjid yang akan dibangun dengan biaya 94,35 miliar atau senilai Rp 13,7 triliun di seluruh negeri. Pada tahap pertama, 10 Juni 2021, dia juga meresmikan 50 masjid.

Baca Juga

Dilansir dari BSS News, Selasa (17/1/2023), Sheikh Hasina diperkirakan akan membuka 50 masjid lagi dan pusat kebudayaan Islam pada tahap ketiga yang diprediksi akan rampung pada akhir Februari. Pembangunan masjid-masjid lainnya dan pusat kebudayaan Islam dijadwalkan akan selesai pada Juni 2024 mendatang.

Model masjid dan pusat kebudayaan Islam yang baru dibuka di antaranya berlokasi di Bhanga upazila, Nagarkanda di Faridpur, Kapasia di Gazipur, Sadar upazila di Gopalganj, Sadar upazila, Katiadi di Kishoreganj, Gheor upazila, Saturia di Manikganj, Sadar upazila, Monohardi di Narsingdi, Goalanda upazila di Rajbari dan Jagannathpur di Sunamganj dan Chunarughat di distrik Habiganj.