Selasa 17 Jan 2023 19:02 WIB

Rekomendasi Destinasi Bertema Pecinan untuk Isi Libur Imlek

Momen Imlek dapat Anda manfaatkan untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah warga memainkan ular naga di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Ahad (4/8/2019). Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 sudah di depan mata yakni pada Ahad (22/1/2023). Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, cuti bersama Imlek jatuh pada Senin (23/1/2023).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Sejumlah warga memainkan ular naga di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Ahad (4/8/2019). Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 sudah di depan mata yakni pada Ahad (22/1/2023). Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, cuti bersama Imlek jatuh pada Senin (23/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 sudah di depan mata yakni pada Ahad (22/1/2023). Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, cuti bersama Imlek jatuh pada Senin (23/1/2023).

Momentum tersebut tentu dapat Anda manfaatkan untuk menikmati liburan bersama keluarga dan kerabat. Berikut ini adalah rekomendasi destinasi liburan bertema pecinan yang dapat Anda kunjungi saat libur Imlek, seperti tertulis dalam siaran pers Tiket.com, Selasa (17/1/2023). 

Baca Juga

Jakarta

Jajaran kegiatan wisata menelusuri area pecinan seperti menjelajahi Kawasan Klenteng dan Pasar Petak Sembilan di area Glodok, Jakarta Barat, cocok bagi para penikmat kuliner. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi area fotogenik di bagian utara Jakarta yakni Pantjoran PIK.

 

Bogor, Jawa Barat

Di Bogor, Anda dapat menelusuri kawasan komunitas Tionghoa di area Suryakencana. Uniknya, Pecinan Bogor ini amat berbaur dengan budaya lokal terutama suku Sunda sehingga menghasilkan ragam budaya dan kuliner yang khas.

 

Semarang, Jawa Tengah

Kota Semarang mempunyai salah satu kelenteng wisata yang terkenal, yakni Kelenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang.

Pilihan aktivitas ke taman hiburan juga dapat menjadi rekomendasi mengisi Imlek, misalnya dengan mengunjungi Saloka Theme Park.

 

Surabaya, Jawa Timur

Kelenteng Hong Tiek Hian dapat jadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata. Kelenteng ini terkenal akan pusat kemeriahan perayaan dan penyandang status kelenteng tertua di kota ini.

Tidak hanya merayakan di kelenteng, warga kota Surabaya juga merayakan Imlek dengan beragam aktivitas yang semarak di berbagai pusat perbelanjaan. Anda pun dapat mengunjungi Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun untuk menikmati surga wisata kuliner khas etnis Tionghoa maupun jajaran kelezatan kuliner mancanegara penuh cita rasa.

 

Tak hanya di dalam negeri, Anda juga dapat mencoba short weekend getaway ke negara tetangga untuk menikmati waktu liburan Imlek.

 

Malaysia

Di Malaysia, Anda dapat menjelajahi area Chinatown di jalan Petaling dan menikmati atraksi barongsai dan mengunjungi destinasi wisata lain seperti LEGOLAND Malaysia.

 

Singapura

Singapura juga dapat menjadi destinasi negara untuk Anda berlibur. Anda bisa mengunjungi area Tiong Bahru untuk memanjakan lidah dan perut dengan kuliner khas Cina dan makanan yang selalu disajikan khusus setiap perayaan Imlek, karena area ini adalah surganya kuliner khas.

Anda juga bisa berkunjung ke area Chinatown Singapura, area ini menjadi salah satu pusat sejarah serta wisata yang digemari berkat perpaduan nuansa tradisional dan masa kini.

 

Thailand

Tercatat memiliki hampir separuh dari penduduk Thailand adalah keturunan Tionghoa. Ibukota negara tersebut yakni Bangkok, menjadi komplek pecinan terbesar kedua di dunia.

Saat Imlek, festival kuliner akan selalu digelar untuk sekedar memanjakan lidah para pengunjung. Dari pertunjukan Barongsai, acara musik, hingga pesta kembang api, Bangkok sangat tepat dikunjungi saat perayaan Imlek.

Berkunjunglah ke Kawasan Pecinan Yaowarat karena area tersebut akan menjadi tempat utama di Bangkok, yakni sebuah area di mana semua acara besar Imlek diadakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement