Rabu 18 Jan 2023 07:20 WIB

Menlu AS dan Menlu Jepang akan Kunjungi China

China dan AS sedang berkomunikasi terkait kunjungan spesifik tersebut

Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi bakal melakukan kunjungan ke China.
Foto: AP/Wason Wanichakorn
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi bakal melakukan kunjungan ke China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi bakal melakukan kunjungan ke China.

Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing pada Selasa (17/1/2023) belum bersedia menyebutkan tanggal kedatangan kedua menlu tersebut.

"Kami menyambut kunjungan Menlu Blinken ke China. China dan AS sedang berkomunikasi terkait kunjungan spesifik itu," katanya.

Menurut dia, China memandang hubungan dengan AS terus meningkat sesuai dengan prinsip saling menghormati, berdampingan secara damai, dan saling menguntungkan seperti yang diusulkan oleh Presiden Xi Jinping.

"Kami berharap AS juga memandang China dengan benar, mengutamakan dialog, dan kerja sama saling menguntungkan, bukan konfrontasi atau saling mengalahkan," katanya.

Demikian halnya terkait kunjungan Menlu Jepang, Wang juga belum bisa memberikan jawaban spesifik.

"China dan Jepang tetap menjaga hubungan di semua tingkatan. Stabilitas relasi China-Jepang yang konstruktif dapat memenuhi kepentingan kedua negara di era baru," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement