Kamis 19 Jan 2023 10:35 WIB

Mengapa Berminat Belajar Bahasa Korea? Ini Alasannya

Banyak negara memasukkan bahasa Korea sebagai bahasa asing yang wajib dipelajari.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Popularitas drakor hingga Kpop membuat bahasa Korea termasuk bahasa populer di dunia.
Foto: Soompi
Popularitas drakor hingga Kpop membuat bahasa Korea termasuk bahasa populer di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Selama dekade terakhir, Kementerian Pendidikan Korea Selatan telah mengirim guru bahasa Korea ke luar negeri, termasuk puluhan orang ke Thailand pada 2017 untuk mengajar bahasa di sekolah menengah pertama dan menengah atas.

Dilansir dari CNN, Rabu (18/1/2023), dalam beberapa tahun terakhir, banyak negara termasuk Laos, Myanmar, dan Thailand, telah secara resmi mengadopsi Bahasa Korea sebagai bahasa asing dalam kurikulum sekolah mereka, berdasarkan perjanjian yang ditandatangani dengan Kementerian Pendidikan Korea.

Baca Juga

Sementara itu, King Sejong Institute, lembaga Bahasa Korea yang didirikan pemerintah Korea Selatan, telah mendirikan 244 pusat pembelajaran di seluruh dunia. Upaya ini bertujuan untuk menjaga minat Bahasa Korea di luar negeri, yang telah menjadi sangat populer dengan Hallyu.

Upaya tersebut tampaknya berhasil. Para ahli mengatakan para siswa datang untuk belajar Bahasa Korea dengan berbagai alasan, meskipun tren tertentu telah muncul di antara garis regional dan etnis.

Gelombang Korea merupakan faktor penting bagi siswa non-heritage. Ini merujuk pada mereka yang tidak memiliki etnis atau keturunan Korea namun tertarik dengan produk budaya Korea seperti film dan K-pop.

Sementara itu, siswa keturunan Korea asli cenderung mengambil kelas Bahasa Korea karena alasan yang lebih ‘integratif’. Misalnya, mereka ingin tinggal di Korea Selatan, untuk lebih terhubung dengan komunitas dan keluarga mereka, atau untuk mengeksplorasi identitas Korea itu sendiri.

Jiyoung Lee dari Departemen Studi Asia Timur Universitas New York, menunjuk pada munculnya platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Platform digital telah memfasilitasi pertukaran budaya internasional dan sangat memengaruhi jumlah siswa yang ingin belajar Bahasa Korea.

Namun, Lee yang sebelumnya mengajar bahasa Korea di Indonesia dan Korea Selatan, juga memperhatikan perbedaan di antara para siswa di berbagai belahan dunia.

Siswa AS cenderung belajar bahasa Korea, karena mereka lebih tertarik untuk menikmati budaya dan ingin berbicara dengan penyanyi atau aktor favorit mereka.

Sebaliknya, siswa di Asia Tenggara sebagian besar belajar Bahasa Korea untuk mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan, atau di perusahaan Korea di negara asal mereka. Lee mencatat sejumlah jenama Korea mendirikan perusahaan tidak hanya di Asia Tenggara tetapi juga di berbagai negara lain.

Ekspansi bisnis Korea dan budaya pop mungkin juga mendorong anak muda Asia Tenggara untuk bepergian ke Korea Selatan. Orang Asia Tenggara merupakan lebih dari 40 persen mahasiswa asing di Korea Selatan, dan 30 persen penduduk asing di negara itu secara keseluruhan.

Jeffrey Holliday yang juga mengajar linguistik Korea di salah satu Universitas di Seoul, mengatakan sekitar 40 persen muridnya adalah siswa pertukaran yang sebagian besar berasal dari AS. Siswa-siswa ini sudah sarjana, hanya di Seoul selama beberapa semester, dan hampir semuanya adalah penggemar berat budaya pop Korea seperti K-pop.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement