Kamis 19 Jan 2023 16:21 WIB

Harga Cabai di Kota Kupang Masih Rp 100 ribu per kg

Penyebabnya karena berkurang pasokan cabai dari daerah produksi cabai.

Red: Lida Puspaningtyas
Petani memetik cabai merah saat panen di Desa Cot Seulamat, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Kamis (29/12/2022). Harga cabai merah tingkat petani sejak dua pekan terakhir turun dari Rp42.000 per kilogram menjadi Rp27.000 sampai Rp24.000 per kilogram akibat melimpahnya pasokan cabai merah dari sejumlah daerah di Aceh.
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Petani memetik cabai merah saat panen di Desa Cot Seulamat, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Kamis (29/12/2022). Harga cabai merah tingkat petani sejak dua pekan terakhir turun dari Rp42.000 per kilogram menjadi Rp27.000 sampai Rp24.000 per kilogram akibat melimpahnya pasokan cabai merah dari sejumlah daerah di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Harga cabai keriting yang dijual para pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur masih mahal, dengan harga Rp 90 ribu-Rp 100 ribu kg sebagai dampak dari kurangnya pasokan cabai dari daerah penghasil cabe.

"Harga cabai keriting masih dengan harga Rp 90 ribu -Rp 100 ribu per kg sejak sebelum perayaan hari raya Natal 25 Desember 2022 lalu," kata Okto Tefa pedagang cabae keriting di pasar Fatubesi saat ditemui di Kupang, Kamis.

Baca Juga

Ia mengatakan harga cabai mulai naik hingga menembus Rp100 ribu per kg mulai terjadi sejak perayaan hari raya Natal 25 Desember 2022 dan tahun baru 2023.

Menurut dia, mahalnya harga cabai di Kota Kupang merupakan dampak dari berkurangnya pasokan cabai dari daerah produksi cabai seperti Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan dan Rote Ndao akibat curah hujan yang tinggi.

"Kondisi cuaca buruk dengan curah hujan yang tinggi dalam bulan ini juga ikut berpengaruh pada terbatasnya pasokan cabai dari daerah produksi, sehingga berpengaruh pada mahalnya harga cabai di pasaran," kata Okto Tefa.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Kupang Fahrensy P Funay mengatakan Pemerintah Kota Kupang sedang mengoptimalkan berbagai lahan kosong atau urban farming untuk ditanami berbagai sayur-sayuran maupun cabai.

"Ada lima lokasi lahan kosong yang sedang digarap oleh sejumlah perangkat daerah lingkup Kota Kupang untuk ditanami berbagai jenis tanaman seperti cabai maupun sayur-sayuran yang nanti hasilnya untuk kebutuhan masyarakat sekaligus dalam menekan harga cabai yang masih cukup mahal di Kota Kupang," kata Fahrensy P Funay.

Menurut dia, pemerintah Kota Kupang juga terus memberikan perhatian dalam pengembangan usaha tanaman cabai karena mahalnya harga cabai ikut kontribusi dalam peningkatan inflasi.

Ia menambahkan Pemerintah Kota Kupang juga telah menyiapkan 10 ribu anakan tanaman cabai untuk dibagikan kepada masyarakat sehingga bisa menanam cabai di lingkungan rumah masing-masing.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَىِٕنْ اَتَيْتَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ بِكُلِّ اٰيَةٍ مَّا تَبِعُوْا قِبْلَتَكَ ۚ وَمَآ اَنْتَ بِتَابِعٍ قِبْلَتَهُمْ ۚ وَمَا بَعْضُهُمْ بِتَابِعٍ قِبْلَةَ بَعْضٍۗ وَلَىِٕنِ اتَّبَعْتَ اَهْوَاۤءَهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَاجَاۤءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ اِنَّكَ اِذًا لَّمِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۘ
Dan walaupun engkau (Muhammad) memberikan semua ayat (keterangan) kepada orang-orang yang diberi Kitab itu, mereka tidak akan mengikuti kiblatmu, dan engkau pun tidak akan mengikuti kiblat mereka. Sebagian mereka tidak akan mengikuti kiblat sebagian yang lain. Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah sampai ilmu kepadamu, niscaya eng-kau termasuk orang-orang zalim.

(QS. Al-Baqarah ayat 145)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement