Senin 30 Jan 2023 16:58 WIB

Pemprov DKI Pasarkan Hunian Rumah DP Nol Rupiah di Cilangkap

Per September 2022, sudah terbangun sekitar 2.322 unit hunian DP Nol Rupiah di DKI.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah pengunjung berjalan memasuki kawasan rumah DP Nol Rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah pengunjung berjalan memasuki kawasan rumah DP Nol Rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memasarkan hunian dengan skema pembayaran uang muka (down payment/DP) nol di Cilangkap dan Pondok Kepala di Jakarta Timur (Jaktim). "Kami targetnya masih memasarkan di Cilangkap dan Pondok Kelapa tahap kedua," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI, Sarjoko di Balai Kota DKI, Senin (30/1/2023).

Berdasarkan data aplikasi Sistem Informasi Perumahan dan Permukiman DKI (Sirukim) yang diunggah per 25 Oktober 2022, sudah terdapat 418 pemohon dalam proses pengajuan dari total 868 hunian tipe studio dan dua kamar tidur. Sedangkan di Nuansa Pondok Kelapa dari 480 unit hunian tipe studio dan dua kamar tidur, sudah ada 384 pemohon dalam proses pengajuan.

Terkait proyek tahun ini, kata Sarjoko, ada beberapa pengembang swasta yang sedang menyelesaikan proses perizinan. Dalam program DP Nol Rupiah itu, sambung dia, pengembang bertugas membeli lahan.

Sedangkan Pemprov DKI memfasilitasi pembiayaan tanpa uang muka kepada calon pembeli. "Nanti kalau masalah eksekusi pembangunannya, apakah tahun ini atau tahun besok, nanti kami komunikasikan lebih lanjut kepada para pemegang izin tersebut," ucap Sarjoko.

Dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026 yang disusun saat era Gubernur Anies Rasyid Baswedan, Pemprov DKI menargetkan pembangunan DP Nol Rupiah mencapai 9.081 unit. Jumlah itu, menurun drastis apabila dibandingkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 mencapai 232 ribu unit.

"Satu sisi, tentu kami tetap mendorong supaya ada pihak lain yang ikut partisipasi dalam penyediaan hunian tersebut," kata Sarjoko.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI sebelumnya mendata hingga September 2022 total diperkirakan sudah terbangun sekitar 2.322 unit hunian DP Nol Rupiah. Di antaranya, Menara Samawa di Nuansa Pondok Kelapa, Jaktim mencapai 780 unit dan Bandar Kemayoran, Jakarta Pusat sebanyak 38 unit.

Kemudian, di Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat sebanyak 149 unit, serta 1.348 unit yang baru diresmikan yakni Menara Swasana di Pondok Kelapa dan Cilangkap. Selain itu, Pemprov DKI masih mengembangkan dengan pihak potensial salah satunya swasta untuk membangun hunian DP Nol Rupiah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement