Kamis 02 Feb 2023 16:57 WIB

Barcelona Terus berada di Trek Juara, Xavi Hernandez: Kami Begitu Solid

Kini Barcelona memimpin delapan poin di atas peringkat kedua.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, kian optimis dengan kemampuan anak-anak asuhnya untuk terus memimpin persaingan perebutan gelar juara La Liga musim ini. Optimisme Xavi itu berpangkal pada performa para penggawa Blaugrana di laga kontra Real Betis, Kamis (2/2/2023) dini hari WIB.

Dalam lawatan ke markas Real Betis, Stadion Benito Villamarin, tersebut, Barcelona sukses membungkam tim tuan rumah, 2-1. Blaugrana membuka keunggulan pada menit ke-65 via gol dari Raphinha usai memanfaatkan assist Alejandro Balde. Torehan Robert Lewandowski usai memanfaatkan sepak pojok pada menit ke-80 menebalkan keunggulan Blaugrana di laga tersebut.

Baca Juga

Gol bunuh diri Jules Kounde, lima menit berselang pascagol Lewandowski, menjadi satu-satunya gol balasan dari tim tuan rumah. Barcelona pun pulang dengan raihan tiga poin dalam salah satu laga tunda La Liga tersebut. Tidak hanya itu, dengan tambahan tiga angka di laga ini, Barcelona memantapkan status sebagai juara paruh musim La Liga musim ini.

Telah tampil di 19 laga dengan raihan 50 poin, Barcelona unggul delapan poin dari Real Madrid, yang menguntit di peringkat kedua. Meski Madrid masih memiliki sisa satu laga, Xavi menilai, Barcelona sudah berada di trek yang tepat untuk bisa terus memimpin klasemen sementara La Liga.

Keunggulan delapan poin menjadi modal berharga buat Blaugrana untuk menatap paruh kedua La Liga musim ini. Para penggawa Blaugrana, ujar Xavi, sudah menunjukan semangat dan ambisi untuk terus melanjutkan tren positif penampilan di pentas Liga Spanyol musim ini.

''Kami tengah memimpin klasemen sementara dan unggul delapan poin, meski tim lain masih mengantongi satu laga tunda. Namun, kami begitu solid saat bertahan dan tampil begitu baik di fase lain pertandingan. Kami tampil cukup baik dan sudah berada di trek yang tepat. Saya sudah melihat keinginan tim ini untuk bersaing dan meraih kesuksesan,'' kata Xavi seperti dikutip Sport, Kamis (2/2/2023).

Secara khusus, mantan pelatih Al Sadd itu mengaku begitu puas dengan performa anak-anak asuhnya di laga kontra Betis. Tidak hanya soal mendominasi permainan via penguasaan bola, para penggawa klub asal Katalan itu juga berhasil mengepung pertahanan tim lawan meski berstatus sebagai tim tamu.

Pelatih berusia 43 tahun itu bahkan menyebut, performa di laga kontra Real Betis dapat menjadi acuan buat anak-anak asuhnya untuk tampil di laga selanjutnya. ''Kami mengambil kendali dari Betis. Saya begitu puas dengan sikap, pergerakan, tempo, dan intensitas permainan di laga ini. Andai saja setiap pemain berlari dan bekerja seperti ini di setiap laga,'' tutur eks kapten dan gelandang Barcelona tersebut.

 

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement